Fauzi, Fauzi and Asep, Umar Fakhrudin and Muhammad, Labib Syauqi and Suharsiwi, Suharsiwi and Fandi, Akhmad (2022) Integrasi Keilmuan Jabalul Hikmah: Transisi, Transmisi, dan Transformasi Akademik-Institusional. Rizquna, Banyumas. ISBN : 978-623-6018-84-2
|
Text
BUKU PENGEMBANGAN INTEGRASI KEILMUAN-PROF FAUZI DKK.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Paradigma keilmuan sangat mendasar dan vital bagi institusi pendidikan, dan termasuk dalam hal ini adalah PTKIN. Sebagai bentuk tanggung jawab kepada agama dan kemanusiaan, hampir semua PTKIN kemudian memilih integrasi keilmuan sebagai basic paradigm pengembangan kelembagaannya. Hal ini karena integrasi keilmuan mampu menjembati jurang dan ruang dikotomis antara ilmu agama dan ilmu umum. Integrasi keilmuan bertujuan untuk melakukan “akulturasi” terhadap semua tatanan nilai pada setiap ilmu, pengetahuan, serta sublimasi pengalaman. Melalui integrasi keilmuan ini, skema dan cakupan kajian menjadi lebih luas dan mendalam. Dengan demikian, adanya integrasi keilmuan tidak melahirkan masalah baru, atau tidak menimbulkan gejolak internal. Akan tetapi, sebaliknya akan menjadi kekuatan baru untuk membumikan dan melestarikan ilmu dan nilai-nilai Islam yang ada pada sebuah institusi, dalam hal ini adalah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
Item Type: | Book |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Integrasi Ilmu, Gunung keilmuan, HIkmah Ilmu, Integrasi Pengetahuan |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education |
Divisions: | Doktoral (S3) Islamic Interdisiplinary |
Depositing User: | Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 04:08 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 04:08 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13432 |
Actions (login required)
View Item |