STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Pengrajin Teh Secang di Desa Sidamulih Kabupaten Banyumas)

Mega, Dita Pradana (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Pengrajin Teh Secang di Desa Sidamulih Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROF. KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
Mega Dita Pradana_Strategi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Kasus Pada UMKM Pengrajin Teh Secang di Desa Sidamulih Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_ABSTAK_BAB I_BAB V.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pembangunan ekonomi Negara, karena perkembangannya yang cukup pesat dan sumbangsihnya terhadap kesejahteraan masyarakat. Sama halnya seperti UMKM Teh Secang di Desa Sidamulih yang merupakan sumber mata pencaharian sebagian masyarakat sekitarnya. Pengembangan UMKM perlu ditingkatkan dan hambatan-hambatan dalam pengembangannya perlu diatasi agar UMKM bisa terus berkontribusi dalam perekonomian masyarakat. Perumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan strategi pengembangan pemasaran UMKM pengrajin teh secang di Desa Sidamulih Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas? Bagaimana penerapan strategi pengembangan pemasaran UMKM pengrajin teh secang di Desa Sidamulih? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja permasalahan atau hambatan yang dihadapi oleh pelaku UMKM Teh Secang dan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi pengembangan pada pelaku UMKM tersebut. Jenis penelitian ini adalah field research, dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Dengan menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menyatakan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi penerapan strategi pengembangan UMKM pengrajin teh secang di Desa Sidamulih yaitu kemampuan sumber daya manusia yang terbatas, permasalahan teknologi, kemitraan yang belum terjalin dengan baik, modal yang terbatas, manajemen usaha yang rendah dan inovasi yang tidak didukung dengan kompetensi sumber daya manusia yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alternative strategi yang dapat dilakukan UMKM Pengrajin Teh Secang di Desa Sidamulih yakni mengembangkan jalinan usaha, mengembangkan aspek permodalan serta meningkatkan kualitas produk dan kegiatan produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pengembangan UMKM Teh Secang.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Mega Dita Pradana
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:18
Last Modified: 10 Mar 2022 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13423

Actions (login required)

View Item View Item