Relasi Guru dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi di MI Modern Al-Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas

Indri, Astuti (2022) Relasi Guru dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi di MI Modern Al-Azhary Lesmana Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Masters thesis, UIN SAIZU.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I dan V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FULL TEKS.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pendidikan di masa pandemi covid-19, menjadi tantangan bagi seorang guru dan orang tua. Karena pembelajaran yang tadinya tatap muka berganti menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pastinya menggunakan alat elektronik terutama handphone. Dan tentunya akan menjadikan anak lebih leluasa dalam mengakses berbagai informasi yang akan mempengaruhi kebiasaan siswa. Pembelajaran yang semula hanya diserahkan pada seorang guru namun pada masa pandemi tidak hanya guru, tetapi sekarang orang juga ikut dalam pembelajaran, terutama dalam pembentukan karakter siswa. Karena orang tua lebih banyak waktunya mendampingi anak. Meski demikian peran guru tidak tergantikan. Jadi keduanya sama-sama penting perlu bersinergi dalam pembentukkan karakter siswa Adapun rumusan masalah penelitian adalah “Bagaimana relasi guru dan orang tua dalam pembentukan karakter siswa pada masa pandemi di MI Modern Al Azhary Lesmana dengan pembiasaan rutin, spontan, keteladanan pengkondisian?” sedangkan tujuan penelitian ini menganalisis relasi guru dan orang tua dalam membentuk karakter siswa MI Modern Al-Azhary di masa pandemi Modern Al Azhary Lesmana. Jenis penelitian ini ialah studi kasus dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga metode, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis datanya, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relasi guru dan orang tua dalam mewujudkan pembentukan karakter siswa MI Modern Al-Azhary di masa pandemi covid-19 berjalan dengan baik dan harmonis. Dan metode yang digunakan adalah dalam pembentukan karakter siswa ialah pembiasaan rutin, spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Selain itu juga kerjasama yang dibangun yaitu Saling Bertukar Informasi Melalui Handphone, Langsung Tatap Muka Baik Di Sekolah Maupun Di Rumah; Buku Penghubung Sebagai Alat Informasi Tentang Prkembangan Siswa;Adanya Komunikasi Dengan Pertemuan Rutin Pengajian Setiap Satu Bulan Sekali

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Relasi, Kerjasama,Guru, Orang Tua.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: INDRI ASTUTI sdri
Date Deposited: 08 Mar 2022 04:21
Last Modified: 08 Mar 2022 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13421

Actions (login required)

View Item View Item