PENERAPAN BLANDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU 1 SUDIMARA

Maslakhatul, Laela (2022) PENERAPAN BLANDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEMATIK DI MI MA'ARIF NU 1 SUDIMARA. Skripsi thesis, UIN K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MASLAHATUL _COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
MASLAHATUL_PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran blanded learning merupakan pembelajaran bauran atau campuran antara pembelajarang daring atau online dengan pembelajaran tatap muka. Model pembelajaran ini dilakukan dengan tujuan agar siswa mendapatkan materi lebih. Maksudnya, siswa tidak hanya mendapatkan materi di sekolah pada saat tatap muka saja, namun siswa dapat mendalami materi lebih dalam melalui internet secara daring atau online. dengan adanya model pembelajaran ini siswa dapat menjalankan pembelajaran dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran blanded learning pada mata pelajaran tematik di MI Ma’arif Nu 1 Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskrtiptif kualitatif, yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, maupun kejadian yang terjadi pada sekarang ini. Sumber data yang digunakan adalah guru kelas II dan siswa kelas II. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : penerapan model pembelajaran blanded learning pada mata pelajaran tematik di MI Ma’arif Nu 1 Sudimara Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas telah dilakukan dengan tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan guru menyiapkan RPP, Silabus dan materi ajar. Tahap pelaksanaan guru menyiapkan metode yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dan terakhir tahap evaluasi, pada tahap ini guru memberikan evaluasi berupa pertanyaan-pertanyaan melalui pesan group dalam aplikasi whatsapp. Tidak hanya dengan tahap beriut, dalam penerapan model pembelajaran blanded learning memiliki beberapa faktor penghambat salah satunya adalah kurangnya sarana prasarana dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Maslahatul Laela sdri
Date Deposited: 01 Mar 2022 08:04
Last Modified: 01 Mar 2022 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13385

Actions (login required)

View Item View Item