Galuh, Setia Wardhani (2022) MANAJEMEN KURIKULUM TERINTEGRASI DI MA AL FATAH BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
GALUH_MANAJEMEN KURIKULUM TERINTEGRASI DIMA AL FATAH BANJARNEGARA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
MA Al Fatah Banjarnegara merupakan lembaga pendidikan setingkat sekolah menengah atas yang berlandaskan pada keislaman. Terletak di Desa Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara, Kabupaten Banjarnegara. MA Al Fatah Banjarnegara melakukan integrasi kurikulum madrasah dan kurikulum pesantren, karena MA Al Fatah Banjarnegara merupakan madrasah di bawah koordinasi Yayasan Pesantren Al Fatah Banjarnegara. Dalam pelaksanaan kurikulum terintegrasi, ditetapkan tata kelola atau manajemen guna menunjang pelaksanaan kurikulum terintegrasi. Dengan menggunakan manajemen diharapkan kurikulum terintegrasi dapat mencapai tujuan kurikulum yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana manajemen kurikulum terintegrasi di MA Al Fatah Banjarnegara dan untuk menemukan model integrasi kurikulumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Data wawancara diperoleh secara langsung melalui narasumber, yaitu kepala madrasah dan wakil kepala madrasah. Dari penelitain yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa manajemen kurkulum terintegrasi di MA Al Fatah terdiri dari tahap perencanaan, yaitu integrasi perumusan tujuan dan isi kurikulum madrasah dengan pesantren. Pada tahap pengorganisasian, kurikulum kepesantrenan turut diorganisasikan ke dalam organisasi kurikulum intrakurikuler, kurikulum ekstrakurikuler, dan kegiatan insidental. Pada tahap pelaksanaan, kurikulum dilaksanakan pada tingkat madrasah melalui pembuatan dokumen kurikulum, dan pelaksanaan tingkat kelas melalui pengembangan program pembelajaran dan pelaksanaannya. Evaluasi kurikulum terintegrasi yang digunakan yaitu model CIPP (context-input-process-product). Sedangkan model integrasi kurikulum meliputi integrasi visi misi madrasah dan pesantren, integrasi lembaga dan integrasi pembelajaran. Berdasarkan teori Forgaty, integrasi kurikulum di MA Al Fatah Banjarnegara merupakan integrasi lintas disiplin dengan menggunakan model integrasi, yaitu mengorganisasikan kurikulum dengan pendekatan interdisipliner. Kata kunci: manajemen, kurikulum, integrasi
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen, kurikulum, integrasi |
Subjects: | 000 Generalities > 001 Knowledge 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 027 General libraries 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Galuh Setia Wardhani sdri |
Date Deposited: | 28 Feb 2022 02:11 |
Last Modified: | 28 Feb 2022 02:11 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13381 |
Actions (login required)
View Item |