EKSPLORASI DISKURSIF NILA-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU AJARAN-AJARAN ADILUHUNG R.M.P SOSROKARTONO KARAYA MOHAMAD A.SYUROPATI

Ifan, Taufik (2022) EKSPLORASI DISKURSIF NILA-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU AJARAN-AJARAN ADILUHUNG R.M.P SOSROKARTONO KARAYA MOHAMAD A.SYUROPATI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IFAN TAUFIK_EKSPLORASI DISKURSIF NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM BUKU AJARAN-AJARAN ADILUHUNG R.M.P sOSROKARTONO KARYA MOHAMAD A. SYUROPATI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_ Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penjelajahan secara mendalam dengan mengandalkan penalaran untuk mengkaji nilai-nilai pendidikan agama Islam yang tercantum pada ajaran yang mulia, yang diberikan oleh Raden Mas Panji Sosrokartono yang berbentuk tulisan, kata-kata mutiara, dan surat-surat yang diberikn kepada rekannya. Semua itu terangkum pada buku yang ditulis oleh Mohamad A. Syuropati. Eksplorasi ini mendaptkan sesuatu yang baru yang menyangkut ajaran ketauhidan, ibadah, akhlak, dan kemasyarakatan yang ada pada Ajaran-Ajaran Adiluhung milik R.M.P Sosrokartono. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya kemunculan permasalahan-permasalah yang ada di lingkungan pendidikan di Indonesia, kurangnya penerapan dan pemahaman terhadap ajaran agama Islam, yang menuntun manusia menjelajahi kemurnian hidup sebagai seorang Hmba dan makhluk sosial yang saling terhubung dan terpengaruh dengan yang lain ketika menjalani kehidupan di dunia. Buku Ajaran-Ajaran AdiluhungR.M.P Sosrokartono, karya Mohamad A. Syuropati yang memberikan pituduh lan piwulang terhadap manusia yang berkedudukan sebagai seorang hamba dan makhluk sosial, sebagai mana mestinya mendapatkan kemulian setelah mendapatkan hasil eksplorasi secara mendalam. Untuk mewujudkan tujuan tersebut yang di gunakan oleh penulis adalah pendekatan sastra dalam mengkaji subjek penelitian. Pendekatan sastra yang digunaka adalah pendekatan objektif, dan pendekatan pragmatis. Penelitian yang jenisnya digunakan penulis adalah library research atau penelitian kepustakaan, ialah penelitian yang dikerjakan dengan mengumpulkan berbagai bentuk hasil penelitian yang lebih dahulu telah di ciptakan, yang akan di manfaatkan sebagai pembanding terhadap penelitian yang akan dikerjakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Buku Ajaran-Ajaran Adiluhung R.M.P Sosrokartono, Eksplorasi Diskursif, Nilai Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: IFAN TAUFIK sdr
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:20
Last Modified: 26 Feb 2022 07:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item