EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH BAGI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SUMAMPIR KECAMATAN REMBANG PURBALINGGA

Feni, Lega Lestia (2022) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KEDISIPLINAN BERIBADAH BAGI SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SUMAMPIR KECAMATAN REMBANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FENI LEGA LESTIA_1423303048.pdf

Download (916kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan dalam beribadah merupakan salah satu bekal manusia yang harus ditanamkan sejak dini, hal itu juga yang dilakukan di MI Muhammadiyah Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Dengan disiplin dalam beribadah diharapkan siswa setelah dewasa bisa menjadi manusia yang bertaqwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menjelaskan seberapa efektif program kedisiplinan siswa dalam beribadah di MI Muhammadiyah Sumampir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (filed research) dengan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk menjelaskan tentang bagaimana guru membimbing dalam kegiatan beribadah shalat berjamaah di MI Muhammadiyah Sumampir. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari sumber data dari kepala madrasah, guru, karyawan dan siswa di MI Muhammadiyah Sumampir. Untuk menganalisa data yang diperoleh dengan mereduksi data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kedisiplinan dalam beribadah dapat dilakukan dengan baik dan dapat menjadi bekal bagi siswa di MI Muhammadiyah Sumampir. Menciptakan kedisiplinan siswa dalam beribadah bertujuan untuk mendidik siswa agar sanggup memerintahkan diri sendiri, dilatih agar menguasai kemampuan, juga melatih siswa agar dia dapat mengatur dirinya sendiri. Sehingga para siswa dapat mengerti kelemahan dan kekurangan yang ada pada dirinya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan beribadah, MI Muhammadiyah Sumampir
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Feni Lega Lestia sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 07:07
Last Modified: 26 Feb 2022 07:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13365

Actions (login required)

View Item View Item