PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR ONLINE TERHADAP EFIKASI DIRI PADA ANAK DI DESA CITAMIANG KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI

Sri, Rahayu (2022) PENGARUH KONSENTRASI BELAJAR ONLINE TERHADAP EFIKASI DIRI PADA ANAK DI DESA CITAMIANG KECAMATAN KADUDAMPIT KABUPATEN SUKABUMI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifudddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Sri Rahayu_Pengaruh Konsentrasi Belajar Online Terhadap Efikasi Diri Pada Anak Di Desa Citamiang Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh adanya siswa yang tidak berkonsentrasi saat proses belajar online berlangsung, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran online terhadap efikasi diri pada anak Di Desa Citamiang Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 226 siswa dan sampel diambil dari kelas XII sebanyak 79 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi Microsoft Excel dan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) versi 20. Hasil Penelitian menunjukan dari uji ANOVA dengan F hitung 22,451 dan tingkat signifikansi Probabilitas 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel efikasi diri. Dari uji R square ditemukan nilai R square sebesar 0,675 (67,5%) menunjukan bahwa variabel independen (konsentrasi belajar) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen (efikasi diri) sebesar 67,5%. Sedangkan 32,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Dan interpretasi nilai r membuktikan pengaruh konsentrasi belajar terhadap efikasi diri berada dalam kategori kuat dengan interval koefisien yaitu 0,60-0,799. Hasil uji t ditemukan bahwa t_hitung > t_tabel (4,748 > 1,703) maka Ho ditolak atau Ha diterima secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi belajar terhadap efikasi diri. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi belajar terhadap efikasi diri sebesar 67,5%, dan 32,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara konsentrasi belajar terhadap efikasi diri sebesar 67,5%, dan 32,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Jadi, jika konsentrasi belajar meningkat maka efikasi diri juga meningkat. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Belajar Online, Efikasi Diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Belajar Online, Efikasi Diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sri Rahayu sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:11
Last Modified: 26 Feb 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13321

Actions (login required)

View Item View Item