ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM KARYA SYAIKH AZ ZARNUJI

Nurul, Hidayatuloh (2022) ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIMUL MUTA’ALIM KARYA SYAIKH AZ ZARNUJI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURUL HIDAYATULOH_ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA'LIMUL MUTA'ALIM KARYA SYAIKH AZ ZARNUJI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Etika Belajar merupakan pedoman tentang apa yang baik dan buruk dalam proses memperoleh pelajaran atau ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, penulis meneliti dalam kitab Ta’limul Muta’allim. Kitab tersebut membahas tentang berbagai macam hal yang berkaitan dengan metode belajar, adab etika belajar dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana etika belajar dalam kitab Ta’limul Muta’alim karya Syaikh Az-Zarnuji. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi pustaka (library research) untuk mencari hasil penelitian yang valid maka di perlukan seleksi sumber, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer yang digunakan peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah kitab Ta’limul Muta’alim karya Syaikh Az-Zarnuji. Sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen-dokumen yang mendukung dalam penelitian ini tettang etika belajar. Dari hasil analisis yang dilakukan penulis, bahwa etika belajar dalam kitab Ta’limul Muta’alim karya Syaikh Az-Zarnuji yaitu niat di waktu belajar, memilih ilmu, guru, teman, mengagungkan ilmu dan ahli ilmu, ketekunan, kontinuitas dan Minat, permulaan belajar ukuran dan tata tertibnya, bertawakal, waktu belajar, kasihsayang dan nasihat, memgambil pelajaran, waro’ ketika belajar, penyebab hafal dan penyebab lupa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: etika belajar, kitab Ta’limul Muta’alim
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hidayatuloh sdri
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:05
Last Modified: 26 Feb 2022 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13313

Actions (login required)

View Item View Item