KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM KITAB RISĀLAH ADĀB SULŪK AL-MURĪD DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI DI SMP

Liya Aulia, Mukaromah (2022) KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM KITAB RISĀLAH ADĀB SULŪK AL-MURĪD DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI DI SMP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIYA AULIA MUKAROMAH_KONSEP PENDIDIKAN TASAWUF DALAM KITAB RISALAH ADAB SULUK AL-MURID DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PAI DI SMP.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kemajuan zaman berdampak pada pola kehidupan manusia. Banyak manusia mulai lupa akan tujuan diciptakannya, sehingga hidup hanya menuruti syahwat belaka. Banyak yang mulai memprioritaskan kehidupan duniawi dan mengesampingkan bekal akhirat. Oleh karena itu, Pendidikan tasawuf sangat diperlukan sebagai pengingat sekaligus pedoman dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep Pendidikan Tasawuf dalam kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd karya Habib ‘Abdullah bin ‘Alawi Al-Haddad. Kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd merupakan salah satu kitab pendidikan tasawuf. Kitab ini disusun secara ringkas dan bahasa yang mudah dipahami. Penelitian yang peneliti lakukan merupakan penelitian literatur dengan obyek kajiannya adalah Konsep Pendidikan Tasawuf dalam Kitab Risalah Adab Suluk Al-Murid. Melihat dari jenis obyek yang diteliti, maka penelitian ini masuk kedalam penelitian kepustakaan (library research), dengan sumber data primer berupa kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd dan sumber data sekunder berupa kitab dan buku tasawuf lainnya. Jadi jenis data yang digunakan adalah data literatur kepustakaan dan metode yang digunakan untuk menganalisis data yaitu dengan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan tasawuf dalam kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd memiliki tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah agar meraih ridha-Nya sehingga memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Pendidikan tasawuf diajarkan oleh seorang guru yang disebut Syaikh yang mempenuhi kriteria, dan peserta didiknya disebut dengan Murīd. Materi Pendidikan Tasawuf dalam kitab Risalah ini dapat diklasifisikan menjadi tiga tahapan yakni Tahap Takhalli, Tahalli, dan Tajalli. Evaluasi pendidikan tasawuf bisa dilakukan dengan muhasabah diri. Pendidikan tasawuf dalam kitab risalah ini sangat relevan dengan pendidikan agama Islam masa kini khususnya di jenjang Sekolah Menengah Pertama dengan menjadikan kitab ini sebagai salah satu sumber materi pendidikan ajaran Islam. Penelitian ini diharapkan dapat mendukung tujuan pendidikan Islam sendiri yakni perwujudan jiwa hamba yang penuh kecintaan pada Tuhannya sehingga tiap langkah hidupnya bernafaskan ibadah dan mendapat Riḍā Tuhan. Kata Kunci : Konsep, Pendidikan Tasawuf, Kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pendidikan Tasawuf, Kitab Risālah Adāb Sulūk Al-Murīd.
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.2 Tasawuf > 2x5.22 Ajaran Tasawuf
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdri Liya Aulia Mukaromah
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:51
Last Modified: 25 Feb 2022 02:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13303

Actions (login required)

View Item View Item