PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKKAN ANAK USIA DINI SELAMA PENDEMI COVID–19 DI THAILAND

Suraifah, Isming (2022) PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKKAN ANAK USIA DINI SELAMA PENDEMI COVID–19 DI THAILAND. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SURAIFAH ISMING_PERAN ORANGTUA TERHADAP PENDIDIKKAN ANAK USIA DINI SELAMA PENDEMI COVID–19 DI THAILAND.pdf

Download (962kB) | Preview

Abstract

Peran orang tua dalam pendidikan anak usia dini di masa pandemi COVID-19 sangat penting dalam membimbing anak dalam pembelajaran. Orang tua mempengaruhi pembelajaran keberhasilan pembelajaran daring anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang berusaha memahami fenomena lapangan secara deskriptif. Lokasi penelitian yang diambil berada di sebuah lembaga pendidikan anak usia dini, Sekolah Baan Sae’ Nai Yala, Thailand Selatan. Subyek penelitian ini adalah orang tua, guru dan siswa-siswa Sekolah Baan Sae’ Nai Yala, sedangkan obyek penelitian adalah peran orangtua terhadap pendidikkan anak usia dini di Sekolah Baan Sae’ Nai Yala. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman, yang dilakukan dengan tiga tahap, yaitu reduksi data dengan memilah dan merangkum data yang penting; menyajikan data secara tersusun dan terorganisir; dan menarik kesimpulan. Sedangkan uji validitas dilakukan dengan teknik triangulasi, dimana teknik pemeriksaan data dengan melakukan komparasi data. Teknik triangulasi ini ada dua yaitu, triangulasi teknik yaitu menggunakan teknik untuk mengumpulkan data yang berbeda-beda untuk memperoleh data dari sumber yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa peran orang tua pembelajaran yang harus diperhatikan oleh orang tua, diantaranya, peran dalam pendampingan, peran dalam pengawasan, motivasi, penjelasan bantuan dan pemberian fasilitas. Adapun beberapa hambatan yang dialami orang tua dalam pembelajaran daring adalah kurangnya pemahaman orang tua terhadap materi, sulitnya menarik minat belajar anak, orang tua tidak sempat memantau anaknya mendampingi pembelajaran online, orang tua kesulitan menggunakan alat multimedia yang disediakan untuk pembelajaran online, orang tua kurang sabar saat menemani anaknya belajar di rumah. Kata kunci: peran orang tua, pembelajaran online, PAUD

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, pembelajaran online, PAUD
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Suraifah Isming sdri
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:39
Last Modified: 25 Feb 2022 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item