PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SD / MI DILINGKUNGAN RT 02/ RW 01 DESA KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS

Okti, Nur Aeni (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SD / MI DILINGKUNGAN RT 02/ RW 01 DESA KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saiffudin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Okti Nur Aeni_PERAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SD ATAU MI DILINGKUNGAN RT 02 RW 01 DESA KEBARONGAN KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh warga Desa Kebarongan, khususnya di lingkungan RT 02/ RW 01, banyak keluarga yang memiliki perbedaan dalam membentuk kepribadian anaknya. Peneliti berharap dapat melakukan kajian yang lebih mendalam mengenai peran orang tua dalam pendidikan karakter anak di RT 02/ RW 01 SD/ MI Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam pendidikan karakter anak SD/ MI di lingkungan RT 02/ RW 01 Desa Kebarongan, Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif fenomenologis (peneliti menggunakan pengalaman pribadi). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak SD/ MI dan orang tuanya, dan objek penelitian ini adalah pendidikan karakter anak SD/ MI di lingkungan RT 02/ RW 01 Desa Kebarongan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di lingkungan RT 02/ RW 01 Desa Kebarongan tentang peran orang tua dalam pendidikan karakter anak SD/ MI tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa peranan orang tua sangatlah penting bagi anaknya, karena orang tua adalah pendidik pertama dan utama bagi anak. Bentuk usaha yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak dengan orang tua menjadi pendidik, pelindung, motivator, fasilitator dan pembimbing bagi anak. Bimbingan yang dilakukan orang tua dengan kebiasaan, bimbingan beribadah, nasihat, melakukan komunikasi dengan anak, disiplin, dan tidak membandingkan anak. Faktor pendukung bagi pembentukan karakter yaitu keluarga, keteladanan, nilai religius, nasehat, sabar, tidak mudah emosi dan memberikan contoh yang baik bagi anak. Adapun faktor penghambat bagi pembentukan karakter yaitu pola asuh pada anak, televisi, handpone, teman bermain, lingkungan dan rasa bosan pada anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Pendidikan, Karakter
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Okti Nur Aeni sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 22:38
Last Modified: 24 Feb 2022 22:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item