ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK (KPRI) MU'AWANAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN BUKU 2016-2020)

Naila, Ainun Faizah (2022) ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK (KPRI) MU'AWANAH KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN BUKU 2016-2020). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NAILA AINUN FAIZAH_ANALISIS PENGUKURAN KINERJA KOPERASI MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Koperasi sebagai salah satu bentuk badan usaha di Indonesia, saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, dengan mudahnya ditemui badan usaha koperasi yang baru bermunculan dan semakin marak. Untuk dapat bersaing di lingkungan yang ketat tentunya diperlukan kinerja yang baik. Pengukuran kinerja merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang dari suatu koperasi, terutama bagi koperasi yang telah lama berdiri salah satunya adalah Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Mu’awanah. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana kualifikasi kinerja KPRI Mu’awanah jika diukur menggunakan metode Balanced Scorecard. Dan bagaimana pengukuran perspektif keuangan, perspektif anggota, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada KPRI Mu’awanah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Wawancara ditujukan kepada beberapa pengurus KPRI Mu’awanah dan penyebaran kuesioner kepada 69 anggota. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja KPRI Mu’awanah dinilai baik, ditinjau dari : 1) Pada perspektif keuangan, rasio likuiditas dan solvabilitas KPRI Mu’awanah mengalami kenaikan dan penurunan pada tahun 2016-2019, tetapi masih tergolong ke dalam kriteria yang cukup baik. Rasio rentabilitas, baik Return On Equity (ROE) maupun pada Net Profit Margin (NPM) tahun 2016-2020 berada dalam kriteria yang cukup baik. 2) Pada perspektif anggota, persentase retensi dan akuisisi anggota mengalami kenaikan dan penurunan pada tahun 2016-2019, KPRI Mu’awanah kurang baik dalam mempertahankan anggota lamanya. 3) Pada Perspektif proses bisnis internal, proses operasi dan inovasi KPRI Mu’awanah tergolong cukup baik, meskipun dalam menciptakan produk/jasa maupun mengembangkan layanan yang dimiliki terbatas izin dinas koperasi dan sesuai AD/ART KPRI Mu’awanah. 4) Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, KPRI Mu’awanah merasa puas dengan kinerja koperasi. Dan pada pertumbuhan anggota KPRI Mu’awanah tahun 2016-2020 dinilai cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koperasi, Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.34 Koperasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Naila Ainun Faizah sdr
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:31
Last Modified: 25 Feb 2022 02:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item