NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU LOCKDOWN 309 TAHUN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVASINYA TERHADAP GURU KELAS

Andaru, Fahmi (2022) NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU LOCKDOWN 309 TAHUN KARYA EMHA AINUN NADJIB DAN RELEVASINYA TERHADAP GURU KELAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Andaru Fahmi Skripsi 1617405091.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada saat ini, di dunia sedang dilanda bencana alam yang tak pernah terduga sebelumnya yaitu pandemi covid-19. Kejadian tersebut merupakan kejadian luar biasa yang turut melanda semua aspek kehidupan di Indonesia salah satunya yaitu pendidikan karakter. Di Indonesia, pembentukan karakter religius masih banyak terjadi masalah seperti banyaknya kasus yang terjadi akibat pergaulan bebas, penggunaan narkotika dikalangan anak muda, pelecehan seksual, bullying, penggunaan kata-kata kasar dan penganiayaan terhadap sesama. Kemudian ditambah dengan adanya pandemi covid-19 yang menyebabkan individu harus beradaptasi dengan keadaan dan hal-hal baru. Hal tersebut menjelaskan masih kurang efektifnya pendidikan di Indonesia untuk membangun karakter religius. Berdasarkan penjelasan terkait pendidikan karakter religius dan adanya pandemi covid-19 yang mempengaruhi semua aspek kehidupan maka peneliti berusaha mengkaji sebuah buku yang membahas mengenai covid-19 dengan berterkaitannya pandangan agama individu dalam menghadapi hal tersebut kedalam penelitian ini.Kajian dilakukan untuk menemukan sebuah nilai karakter religius dan relevansinya terhadap guru kelas yang terkandung di dalam buku tersebut. Peneliti menggunakan buku Emha Ainun Nadjib, yang berjudul Lockdown 309 Tahun. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian pustaka atau litere yang bersifat kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode content analisis, penelitian ini dilakukan dengan cara memunculkan data yang bersifat deskriptif dan dengan mengambil sebuah kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat ditemukan aspek nilai-nilai karakter religius dan relevansinya terhadap guru kelas dalam buku Lockdown 309 Tahun karya Emha Ainun Nadjib yaitu: Pertama, Nilai Religius Ilahiyah yang memuat Iman, Islam, Taqwa, Ikhlas, Tawakal, Syukur, dan Sabar. Kedua, Nilai Religius Insaniyah yang memuat Silaturrahmi, Al-Ukhuwah atau semangat persaudaraan, Ĥuznudżan atau berprasangka baik, Tawadhu atau rendah hati. Nilai-nilai karakter religius tersebut relevan dengan peran guru khususnya guru kelas untuk memberikan contoh perilaku yang baik kepada peserta didik mengenai nilai religius ilahiyah terkait keimanan, dan ketaqwaan, bersyukur dan bersabar. Nilai karakter religius insaniyah terkait kerendah hatian atau tawadhu, keteladanan, kejujuran, kedisiplinan dan kerja keras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius, Buku Lockdown 309 Tahun
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3207 Kesehatan dan Keamanan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ANDARU FAHMI sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 08:47
Last Modified: 24 Feb 2022 08:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13271

Actions (login required)

View Item View Item