PERAN GANDA BURUH TANI WANITA DESA DARMAYASA TERHADAP PENGASUHAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Wanita Desa Darmayasa, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara)

Andon, Supangat (2022) PERAN GANDA BURUH TANI WANITA DESA DARMAYASA TERHADAP PENGASUHAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Wanita Desa Darmayasa, Kec. Pejawaran, Kab. Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN SAIZU PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANDON SUPANGAT_PERAN GANDA BURUH TANI WANITA DESA DARMAYASA TERHADAP PENGASUHAN ANAK PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dalam sebuah rumah tangga, kehadiran seorang anak merupakan dambaan bagi semua orang tua. Bertambahnya seorang anak maka akan bertambah pula kebutuhan yang diperlukan setiap harinya, kebutuhan untuk keluarga dan juga untuk anak-anaknya. Sehingga nafkah yang tadinya cukup untuk istri menjadi tidak terpenuhi karena kebutuhan yang semakin banyak untuk keperluan anak. Hal inilah yang melatarbelakangi para wanita di Desa Darmayasa ikut membantu suaminya untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga yaitu dengan menjadi buruh tani di Dieng, Kec Batur, Kab. Banjarnegara. Implikasi dari keikutsertaan istri dalam membantu suaminya, ada hal penting yang mereka tinggalkan yaitu sang anak yang masih kecil, mereka menitipkan anaknya ke neneknya, tetangganya, bahkan biasanya sang anak disuruh untuk mandiri. Untuk itulah penulis merumuskan masalah yaitu bagaimana dampak bentuk peran ganda wanita tani terhadap pengasuhan anak di Desa Darmayasa dan bagaimana perspektif hukum Islam terkait dengan peran ganda wanita terhadap pengasuhan anak di Desa Darmayasa, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara wanita Desa Darmayasa melaksanakan peran gandanya sebagai buruh tani dan ibu rumah tangga serta pengasuhan terhadap anaknya. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan normatif-sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan para wanita yang menjadi buruh tani. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, serta karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif-kualitatif merupakan prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa dampak dari peran ganda wanita buruh tani menyebabkan bertambahnya pendapatan keluarga, akan tetapi anak kurang terurus serta kurangnya kasih sayang dari orang tua yang bekerja menjadi buruh tani. Dari 14 orang narasumber mengatakan bahwa kebutuhan anak-anak terpenuhi secara materi yaitu papan, sandang, pangan, serta pendidikan yang terpenuhi, tetapi kasih sayang kepada anak berkurang karena terbatasnya waktu. Adapun dalam hukum Islam pengasuhan anak merupakan tanggungjawab kedua orang tua dan hukumnya wajib, apabila menelantarkan-nya maka berdosa. Kata kunci: Peran Ganda, Pengasuhan Anak, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Peran Ganda, Pengasuhan Anak, Hukum Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan Mengasuh
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Andon Supangat sdr
Date Deposited: 24 Feb 2022 06:47
Last Modified: 24 Feb 2022 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13207

Actions (login required)

View Item View Item