PENCABUTAN PENOLAKAN PERKAWINAN KARENA ALASAN QOBLA PERCERAIAN QOBLA DUKHUL (Analisis Putusan Pengadilan Agama Wonosobo Nomor 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb)

Millatu Zulfa, Arifa (2022) PENCABUTAN PENOLAKAN PERKAWINAN KARENA ALASAN QOBLA PERCERAIAN QOBLA DUKHUL (Analisis Putusan Pengadilan Agama Wonosobo Nomor 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb). Skripsi thesis, UIN Frof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Millatu Zulfa A_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Ada beberapa kasus permohonan yang diajukan ke Pengadilan Agama, salah satunya pada permohonan yang berkaitan dengan Pencabutan Penolakan Perkawinan. Seperti yang terjadi di Pengadilan Agama Wonosobo, salah satu perkara dengan nomor 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb, pada perkara tersebut pada pokoknya Pemohon minta agar surat Penolakan perkawinan yang dilakukan oleh KUA dicabut, karena alasan kehamilan yang terjadi buka akibat hubungan dengan mantan suaminya tapi dengan orang dan dengan mantan suaminya belum terjadi Hubungan Badan atau Qobla Dukhūl,. Dalam hal ini, hakim dituntut untuk merumuskan dan menemukan hukumnya. Permasalahan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara nomor 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb dan bagaimana analisis terhadap pertimbangan hakim dalam mengambil keputusan hukum perkara nomor 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb tentang pencabutan penolakan perkawinan karena alasan qobla dukhul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research), data-data yang diperoleh melalui dokumentasi. Selain itu, data dan analisis dengan menggunakan deksriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam memutuskan perkara nomor: 0045/Pdt.P/2017/PA.Wsb tentang pencabutan penolakan perkawinan karena alasan Qobla Dukhūl, hakim menggunakan peraturan perundangan undangan dan kaidah fiqhiyyah, dalam hal ini adalah Kompilasi Hukum Islam. Kata Kunci : Putusan Pengadilan, Pencabutan Penolakan Perkawinan, Qobla

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penolakan Perkawinan, Qobla Dukhul, Putusan Pengadilan
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.34 Iddah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Milatu Zulfa Arifa sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:04
Last Modified: 24 Feb 2022 09:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13205

Actions (login required)

View Item View Item