PEMBIASAAN MENGONSUMSI MAKANAN SEHAT MELALUI BEKAL MENU SEHAT DI TK KUNCUP MEKAR BANYUMAS

Anastassya, Permatasari (2022) PEMBIASAAN MENGONSUMSI MAKANAN SEHAT MELALUI BEKAL MENU SEHAT DI TK KUNCUP MEKAR BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANASTASSYA TIARA PERMATASARI_Pembiasaan Mengonsumsi Makanan Sehat Melalui Bekal Menu Sehat Di TK Kuncup Mekar Banyumas-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makanan yang kurang sehat merupakan salah satu faktor penyebab kurang baiknya tingkat kesehatan di Indonesia, karena banyak makanan kurang memperhatikan unsur kesehatan. Penelitian dilakukan di TK Kuncup Mekar Banyumas dikarenakan sekolah memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh anak usia dini. Banyaknya sekolahan yang belum memperhatikan dalam soal makanan yang dikonsumsi oleh anak usia dini. Sehingga terdapat beberapa anak yang memiliki pola makan kurang teratur dan kurang sehat. Dengan demikian terkait dengan pembiasaan mengonsumsi makanan sehat pada anak usia dini melalui bekal menu sehat di TK Kuncup Mekar Banyumas merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kegiatan tersebut. Subjek dalam konsep penelitian merujuk pada responden, Adapun metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil analisis data, dapat disajikan bahwa pembiasaan mengonsumsi makanan sehat melalui bekal menu sehat yang dilaksanakan di TK Kuncup Mekar Banyumas yaitu, pertama melalui pengenalan makanan sehat dengan diadakannya sosialisasi seperti parenting. Kedua, melalui bekal menu sehat, ketiga adanya kegiatan tambahanan seperti Cooking Day yang tertuang dalam RPPH dan ke empat adanya Snack Time. Pembiasaan mengonsumsi makanan sehat memiliki banyak dampak positif bagi anak, khususnya pada perkembangan fisik dan kognitifnya menjadi lebih baik. Pengaruh bagi anak terhadap pembiasaan mengonsumsi makanan sehat yaitu pola makan menjadi lebih sehat, memiliki banyak manfaat dan juga dampak yang baik bagi tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Pembiasaan mengonsumsi makanan sehat, Bekal Menu Sehat, TK Kuncup Mekar Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anastassya Tiara Permatasari sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 09:09
Last Modified: 24 Feb 2022 09:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

View Item View Item