Farhati, Riska Nofianti (2022) NILAI EDUKASI DAN HARAPAN (HOPE) BAGI ANAK USIA DINI DALAM 10 SERI BUKU CERITA TENTANG KORONA KARYA WATIEK IDEO. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
0__SKRIPSI FARHATI__FIX BISMILLAH.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Nilai edukasi yang dituangkan dalam bentuk cerita ini dapat memudahkan, karena selain mudah dipahami juga dengan diramu dengan cerita yang menyenangkan dan ilustrasi gambar yang menarik bagi anak. Kemudian penting untuk meneliti nilai yang ditinjau dari sudut pandang edukasi dan harapan anak usia dini. Tujuan adanya penelitian ini adalah menemukan nilai edukasi dan harapan (hope) bagi anak usia dini dalam buku 10 seri buku cerita tentang korona yang mampu menyajikan fungsi cerita bagi pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai edukasi dan nilai harapan (hope) bagi anak usia dini dalam 10 seri buku cerita tentang korona karya Watiek Ideo. Metode dalam penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif di mana teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik baca dan catat. Data diperoleh dari pembacaan intensif dari 10 seri buku cerita tentang korona. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis konten, kutipan dari sumber data dianalisisis berdasarkan aspek nilai edukasi dan nilai harapan. Hasil penelitian menyebutkan bahwa dari 10 seri buku cerita tentang korona terdapat tujuh nilai edukasi bagi anak usia dini yaitu: (1) Nilai edukasi kepedulian yang terdapat dalam tiga seri cerita yakni pada seri satu yang berjudul “Cerita Si Korona”, pada seri lima yang berjudul “Perjalanan Si Korona”, dan seri tujuh dengan judul “Selamat Datang Ramadan”, (2) Nilai edukasi cinta dan kasih sayang yang tersaji dalam seri tiga “Ayo, Cuci Tangan Dulu”, (3) Nilai edukasi disiplin yang terdapat dalam seri dua yang berjudul “Gara-gara Korona”, (4) Nilai edukasi tanggung jawab yang terdapat dalam seri enam dengan judul “Ayo, Jaga Hewan Peliharaanmu”, (5) Nilai edukasi kreativitas, yang terdapat dalam seridelapan yang berjudul “Saling Sapa dari Rumah”, (6) Nilai edukasi rasa ingin tahu, yang terdapat pada seri sembilan dengan judul “Pakailah Masker dengan Benar”, dan (7) Nilai edukasi kepatuhan yang terdapat pada seri empat dengan judul “Jangan Masuk Rumah, Korona!”. Lalu dalam 10 seri buku cerita tentang korona juga terdapat 4 aspek nilai harapan, aspek-aspek tersebut antara lain: (1) Goal, (2) Patheway Thinking, (3) Agency Thinking, (4) Kombinasi (Patheway Thinking dan Agency Thinking).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai edukasi, nilai harapan, anak usia dini, buku cerita. |
Subjects: | 800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics 800 Literature and rhetoric > 890 Literatures of other languages > 895 Literatures of East and Southeast Asia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Farhati Riska Nofianti sdri |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:24 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:24 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13164 |
Actions (login required)
View Item |