STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR RANTING PAGUBUGAN KULON KECAMATAN BINANGUN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MENGIKUTI ORGANISASI

TRI, WIJIANTO (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR RANTING PAGUBUGAN KULON KECAMATAN BINANGUN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MENGIKUTI ORGANISASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TRI WIJIANTO_STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR RANTING PAGUBUGAN KULON KECAMATAN BINANGUN DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MENGIKUTI ORGANISASI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gerakan Pemuda Ansor merupakan salah satu organisasi kepemudaan di Indonesia yang cukup besar dibawah naungan Nahdlatul Ulama, mulai dari tingkat pusat, cabang, maupun ranting. GP Ansor Ranting Pagubugan Kulon mempunyai kontribusi yang sangat penting bagi masyarakat dalam bidang keagamaan dan sosial. Selain itu, GP Ansor disebut-sebut sebagai organisasi kepemudaan yang paling aktif di desa Pagubugan kulon karena melalui program kerjanya dapat menjadi daya tarik masyarakat untuk ikut bergabung dengan organisasi. Hal ini terbukti dengan peningkatan jumlah anggota yang pada awalnya hanya 2 orang di tahun 2016 menjadi 40 orang hingga saat ini, yang terdiri dari 18 anggota resmi melalui PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar) dan 22 lainnya aktif dan belum resmi. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan GP Ansor Ranting Pagubugan Kulon dalam meningkatkan kesadaran mengikuti organisasi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang dapat digunakan untuk menganalisis kehidupan pribadi, sejarah, perilaku, fungsionalisasi organisasi, perkembangan sosial, atau hubungan keluarga. Setelah dilakukan penelitian, peneliti menemukan hasil bahwa GP Ansor Ranting Pagubugan Kulon menggunakan teori strategi komunikasi dari Hafied Cangara yaitu Pemilihan komunikator, menyusun target, penyusunan informasi/pesan, dan pemilihan media. Pemilihan komunikator terlihat pada kegiatan ngaji yang memilih seseorang ahli dalam kitab kuning, penyusunan target dan pesan ini dilakukan oleh pengurus dan anggota sebelum melaksanakan program kegiatan dengan melakukan rapat tatap muka, media yang digunakan GP Ansor meliputi Facebook, Youtube, Twitter, dan Instagram. Namun, dari media tersebut yang paling memiliki pengaruh adalah Facebook. Kemudian, teori kesadaran yang ditemukan dalam penelitian ini adalah teori dari Zeman yang membagi menjadi 3 pokok kesadaran yaitu, a) kesadaran dalam keadaan bangun, yaitu keinginan masyarakat untuk berinteraksi dan berkomunikasi lebih luas melalui GP Ansor, b) kesadaran sebagai pengalaman, yaitu keinginan masyarakat berpartisipasi dan menjadi bagian organisasi di waktu sekarang ini, c) kesadaran sebagai pikiran, yaitu harapan dan keyakinan masyarakat untuk ikut serta bergabung dalam organisasi GP Ansor Ranting Pagubugan Kulon. Kata Kunci : GP Ansor; Strategi Komunikasi; Kesadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: GP Ansor; Strategi Komunikasi; Kesadaran.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi > 2x6.61 Organisasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Tri Wijianto sdr
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:00
Last Modified: 23 Feb 2022 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item