IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA' PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-KHOLIDIYYAH BINANGUN CILACAP

LILYS, SETYOWATI (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA' PADA SISWA KELAS VII DI MTS AL-KHOLIDIYYAH BINANGUN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LILYS SETYOWATI_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IMLA' PADA SISWA KELAS VII MTS AL-KHOLIDIYYAH BINANGUN CILACAP.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan siswa kelas VII MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap. Terdapat beberapa faktor kendala yang ditemui guru imla’, diantaranya faktor latar belakang siswa yang beragam. Terdapat beberapa siswa yang berasal dari SD yang belum memiliki dasar mengenal bahasa arab serta belum terlalu mengenal huruf hijaiyyah dibandingkan dengan siswa yang latar belakang lulusan dari MI. Sehingga mereka yang lulusan dari SD merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran imla’. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran imla’ pada siswa kelas VII di MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Pembelajaran Imla’ Pada Siswa Kelas VII di MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif (deskriptif), yang mana teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa arab kelas VII MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap, dan objek penelitian mengenai pada pembelajaran imla’. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa dalam pembelajaran imla’ di sekolah tersebut khususnya kelas VII MTs Al-Kholidiyyah Binangun Cilacap menggunakan jenis imla’ al-manqul. Tujuan pembelajaran imla’ yaitu agar siswa dapat menulis huruf arab dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah penulisan imla’. Metode yang digunakan dalam pembelajaran imla’ yaitu menggunakan metode imla’ al-istima’i, dimana metode imla’ al-istima’i ini disebut juga dengan metode ceramah atau metode langsung. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran, imla’

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI, PEMBELAJARAN, IMLA'
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Lilys Setyowati
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:23
Last Modified: 23 Feb 2022 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13124

Actions (login required)

View Item View Item