PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP PERBANDINGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH GUMIWANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MAHYATI, NIM. 102336077 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP PERBANDINGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH GUMIWANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
MAHYATI_PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KONSEP PERBANDINGAN PECAHAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH GUMIWANG KECAMATAN KEJOBONG KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (661kB) | Preview

Abstract

Metode bermain peran sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran Matematika yang membawa peserta didik belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Peserta didik akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar peserta didik. Dalam kegiatan belajar peserta didik, guru berperan sebagai penggerak atau pembimbing, sedangkan peserta didik berperan sebagai penerima atau yang dibimbing. Proses interaksi ini akan berjalan baik apabila peserta didik banyak aktif dibandingkan guru. Sehubungan dengan hal tersebut, skripsi ini memberi gambaran penggunaan metode bermain peran untuk pembelajaran Matematika kelas IV di MI Muhammadiyah Gumiwang sebagai upaya peningkatan hasil balajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas,dengan 2 siklus dan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Dari penelitian terlihat bahwa pada pra siklus hasil belajar yang diperoleh adalah 23,80. Hasil belajar dan kegiatan siswa juga belum maksimal. Siswa belum terkondisikan dengan baik, sehingga masih banyak siswa yang membuat ramai dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Pada siklus ke I hasil yang diperoleh adalah 61,90. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran kegiatan guru dan siswa sudah mengalami peningkatan dan siklus yang ke II memperoleh nilai 100, Terlihat bahwa pada siklus II kegiatan guru dan siswa sudah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran secara maksimal sehingga hasil belajar yang diperoleh juga maksimal, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode bermain peran mengalami peningkatan hasil belajar yang sangat baik sesuai dengan indikator keberhasilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain Peran, Hasil Belajar, Matematika (Sains),
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:04
Last Modified: 03 Oct 2016 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1312

Actions (login required)

View Item View Item