KONSEP GURU PROFESIONAL DALAM BUKU MENJADI GURU SUPER MEMBERDAYAKAN DIRI UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BANGSA ZAMAN NOW KARYA AHMAD FAHRUDIN

Umi, Nurhayati (2022) KONSEP GURU PROFESIONAL DALAM BUKU MENJADI GURU SUPER MEMBERDAYAKAN DIRI UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BANGSA ZAMAN NOW KARYA AHMAD FAHRUDIN. Skripsi thesis, UIN KH.PROF.KH.SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
UMI NURHAYATI_KONSEP GURU PROFESIONAL DALAM BUKU MENJADI GURU SUPER MEMBERDAYAKAN DIRI UNTUK KEMAJUAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BANGSA ZAMAN NOW KARYA AHMAD FAHRUDIN_1717402128.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak : Konsep guru profesional adalah hal yang sangat penting di era modern ini, ini ditujukan kepada para guru untuk membentuk kualitas pendidikan yang lebih baik. Konsep guru profesional memiliki peran yaitu sebagai fasilitator, pembimbing, penyesuaian lingkungan, panutan, motivator, agen pengembangan kognitif, dan manajer. Pembelajaran mengenai konsep guru profesional dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya melalui buku. Sebagaimana buku Menjadi Guru Super karya Ahmad Fahrudin ini mengandung konsep guru profesional. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperdalam konsep guru profesional yang terkandung dalam buku Menjadi Guru Super karya Ahmad Fahrudin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research),yaitu dengan cara menggali isi dari buku, menganalisis dan mendokumentasikan tentang konsep guru profesional yang terdapat dalam buku. Dalam penelitian ini,metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan wawancara. Objek penelitian ini adalah buku Menjadi Guru Super karya Ahmad Fahrudin dan hasil wawancara dengan pengarang yaitu Ahmad Fahrudin, dansekundernya yaitu buku, jurnal, internet dan informasi lain yang berkaitan dengan konsep guru profesional. Selain itu, metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep guru profesional yang terdapat dalam buku Menjadi Guru Super karya Ahmad Fahrudin mampu menerapkan hingga empat kompetensi guru secara maksimal. Kompetensi tersebut meliputi: 1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi kepribadian (3) kompetensi profesional (4) kompetensi sosial. Kata Kunci : Konsep Guru Profesional, Menjadi Guru Super, Ahmad Fahrudin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Guru Profesional, Menjadi Guru Super, Ahmad Fahrudin
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Nurhayati sdr
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:06
Last Modified: 23 Feb 2022 04:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item