STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS II BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS

Anggi, Sabili (2022) STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS II BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka..pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANGGI DAHLAN SABILI_STRATEGI GURU DALAM PENGEMBANGAN KECERDASAN LINGUISTIK PADA SISWA KELAS II BILINGUAL DI MI MUHAMMADIYAH AJIBARANG KULON BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kecerdasan merupakan kemampuan tertinggi yang dimiliki oleh manusia. Tingkat kecerdasan dapat membantu seseorang dalam menghadapi berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupannya. Pengembangan kecerdasan akan lebih baik jika dilakukan sedini mungkin sejak anak dilahirkan melalui pemberian stimulasi pada kelima panca indranya. Salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia adalah kecerdasan linguistik. Kecerdasan linguistik atau dikenal dengan istilah pintar kata adalah kemampuan untuk menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan secara tepat dan akurat selain itu kecerdasan linguistik mampu dalam mengolah kata, atau kemampuan menggunakan kata secara efektif baik secara lisan maupun tertulis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana strategi guru dalam pengembangan kecerdasan linguistik pada siswa kelas II Bilingual di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu berupa data reduksi, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru dalam pengembangan kecerdasan linguistik pada siswa kelas II Bilingual di MI Muhammadiyah Ajibarang Kulon Banyumas menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan yang dilakukan dikelas II Bilingual dengan cara menstimulus siswa dengan berbagai hal misalnya bermain peran pada mata pelajaran Indonesia dan Sains, bercerita, membaca teks cerita pada mata pelajaran Indonesia, permainan linguistik seperti tebak kata, merangkai kata pada mata pelajaran agama dan bahasa Indonesia, sambung ayat pada mata pelajaran Agama, bernyanyi menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dikaitkan dengan mata pelajaran. Selain itu siswa belajar berbicara menggunakan bahasa Inggris lebih khusus karena kelas II Bilingual lebih difokuskan kepada dua bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Kata kunci : Strategi guru, Kecerdasan Linguistik, Kelas Bilingual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Kecerdasan Linguistik, Kelas Bilingual.
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 417 Dialectology and historical linguistics
400 Language > 410 Linguistics > 418 Standard usage Applied linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anggi Dahlan Sabili sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 07:26
Last Modified: 22 Feb 2022 07:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item