METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUL IHSAN JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP

Anggun, Lukmana (2022) METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUL IHSAN JERUKLEGI KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS ANGGUN LUKMANA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari melihat perkembangan pembelajaran dan metode tahfidz al-Qur’an. Program yang ditawarkan oleh pondok tahfidz dari program 3 tahun hafal al-Qur’an sampai yang paling cepat 6 bulan hafal al-Qur’an. Salah satu pondok yang menerapkan program tahfidz al-Qur’an dalam waktu 6 bulan adalah Pondok Pesantren Nurul Ihsan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Observasi yang dilakukan penulis melihat perkembangan metode pembelajaran tahfidz di Pondok Pesantren nurul ihsan memberikan dorongan untuk melanjutkan penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui metode pembelajaran tahfidz melalui studi komparatif. Subjek kajian diarahkan kepada santri dan Ustadz Pondok Pesantren Nurul Ihsan Jeruklegi Kabupaten Cilacap. Analisis data yang dilakukan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan yang didapatkan penulis dari data yang ada adalah adanya berbagai macam metode yang digunakan di Pondok Pesantren Nurul Ihsan. Metode pembelajaran tahfidz al-Qur’an yang digunakan di Pondok Pesantren Nurul Ihsan Jeruklegi yaitu metode yassir lanaa, metode tahfidz qur’an, metode setor hafalan atau halaqoh, metode talaqqi, metode musyafaha, metode taqrir, metode buka tutup, metode lajnah, metode reward, metode Punishment, metode mengenali ayat, metode mengulang-ulang ayat, metode memahami arti ayat, metode melihat ayat tanpa dibaca, metode ayat per ayat, metode khitabah, metode menghafal bersama teman, thariqatu takriry al-Qiraati al-juz’I, thariqatu takriry al-Qiraati al-kulli, thariqotul al-jumlah, thariqotu al-tadabburi, metode wahdah. Kata Kunci : Metode, Pembelajaran, Tahfidz Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, Tahfidz Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggun Lukmana sdr
Date Deposited: 23 Feb 2022 02:28
Last Modified: 23 Feb 2022 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13086

Actions (login required)

View Item View Item