PENGARUH CITRA MEREK, PENDAPATAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DOMESTIK PADA PNS WANITA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Diah, Sasi Aprilia Cempaka Dewi (2022) PENGARUH CITRA MEREK, PENDAPATAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DOMESTIK PADA PNS WANITA DI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DIAH SASI APRLIA C.D_PENGARUH CITRA MEREK, PENDAATAN, DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TAS DOMESTIK PADA PNS WANITA DI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri tas di Indonesia khususnya tas wanita semakin pesat baik itu brand lokal maupun brand impor. Hal ini menyebabkan banyak bermunculan produk tas dengan berbagai fasilitas dan pelayanan yang semakin lengkap. Wanita merupakan target pemasaran yang memiliki potensi besar bagi para pebisnis fashion, hal ini karena tas merupakan kebutuhan sehari-hari bagi wanita untuk beraktivitas. Fokus penelitian ini membahas terkait pengaruh citra merek, pendapatan, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian tas domestik. Menurut M. Anang Firmansyah, citra merek adalah persepsi yang timbul dibenak pembeli ketika mengingat merek suatu produk. Sudono Sukirno menyatakan bahwa pendapatan adalah penghasilan yang diperoleh seseorang atas hasil kerjanya selama periode tertentu. Kotler dan Keller mendefinisikan gaya hidup sebagai pola hidup individu yang diekspresikan melalui aktivitas, minat, dan opini. Schiffman & Kanuk berpendapat, keputusan pembelian sebagai pilihan suatu tindakan dari beberapa alternatif pilihan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, dengan pengujian hipotesis yakni uji t, uji f dan uji determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas domestik yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (5,113 > 1,985); 2) Pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas domestik yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,558 > 1,985); 3) Gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tas domestik hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,533 > 1,985); 4) Citra merek, pendapatan, dan gaya hidup secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian tas domestik yang dibuktikan dengan fhitung > ftabel (86,864 > 2,69). Kesimpulan dari penelitian ini terbukti bahwa citra merek, pendapatan, dan gaya hidup berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian tas domestik pada PNS wanita di Kabupaten Purbalingga. Kata Kuci: Citra Merek, Pendapatan, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra merek, pendapatan, gaya hidup, keputusan pembelian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Diah Sasi Aprilia Cempaka Dewi sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:27
Last Modified: 22 Feb 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13083

Actions (login required)

View Item View Item