REHABILITASI SANTRI PENGGUNA NARKOBA MELALUI TIRAKAT (PRIHATIN) UNTUK MELATIH INTERAKSI SOSIAL DI PANTI REHABILITASI NARKOBA NURUL HIKMAH CILONGOK

Muhammad, Fahim Amrillah (2022) REHABILITASI SANTRI PENGGUNA NARKOBA MELALUI TIRAKAT (PRIHATIN) UNTUK MELATIH INTERAKSI SOSIAL DI PANTI REHABILITASI NARKOBA NURUL HIKMAH CILONGOK. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H SAIFUDDIN ZUHRI.

[img]
Preview
Text
M. Fahim Amrillah-1717101069 no 3.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rehabilitasi santri pengguna narkoba melalui tirakat untuk melatih interaksi sosial di Panti Rehabilitasi Narkoba Nurul Hikmah Cilongok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana sumber data digali dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan kesimpula data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya dengan adanya tirakat bisa menjadi metode yang dapat digunakan dalam Panti Rehabilitasi untuk meningkatkan interaksi sosial bagi para santri agar lebih baik lagi. Karena tujuan tirakat atau prihatin yaitu untuk melatih interaksi sosial yang baik bagi santri, mengajarkan belajar mandiri, belajar prihatin dalam artian menahan hawa nafsu dan amarah. Ada beberapa bentuk tirakat yang dilakukan untuk melatih interaksi sosial santri rehabilitasi di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Cilongok, yaitu tirakat mengurus sapi, bertani di sawah milik abah, mengurus kolam abah, dan tidak pulang selama tiga bulan bahkan sampai tiga tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi, Tirakat, Pondok Pesantren Nurul Hikmah Cilongok
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Fahim Amrillah sdr
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:43
Last Modified: 22 Feb 2022 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13078

Actions (login required)

View Item View Item