PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III DI MI MA`ARIF NU TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS

Hafidh, Ahnaf Arisqi (2022) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS III DI MI MA`ARIF NU TAMANSARI KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hafidh Ahnaf Arisqi_Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas III MI Ma`arif NU Tamansari Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter ialah proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan satuan pendidikan, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Pendidikan karakter tidak hanya sekedar mentransfer ilmu atau suatu keterampilan tertentu, tetapi perlu adanya proses, contoh teladan, dan pembiasaan dalam lingkungannya. Karakter peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Penanaman karakter peduli lingkungan tersebut dibentuk melalui pembelajaran tematik, dimana pembelajaran tematik ini dapat mengkaitkan beberapa aspek dalam kehidupan sehari-hari peserta didik, yang nantinya dapat diterapkan di lingkungan peserta didik. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini ialah terkait bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik untuk membangun etika, kesadaran, pemahaman, emosional, kepedulian, dan komitmen yang tinggi terhadap lingkungan sekitar yang diterapkan di MI Ma`arif NU Tamansari. Jenis penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif (penelitian lapangan) dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, Guru kelas serta siswa sebagai pelaksana pendidikan karakter peduli lingkungan. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik. Metode pengumpulan datanya yaitu obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pendidikan karakter dalam pembelajaran tematik di MI Ma`arif NU Tamansari dilakukan dengan guru menerapkan 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle). Cara lain yang ditempuh guru untuk menanamkan karakter peduli lingkungan dalam pembelajaran tematik ini melalui pembiasaan, pengajaran, mengingatkan serta metode tanya jawab. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Pembelajaran Tematik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Hafidh Ahnaf Arisqi
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:32
Last Modified: 25 Feb 2022 01:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item