ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. BANK KB BUKOPIN SYARIAH SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM

Hasnah, Maftukhotul Mufidah (2022) ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. BANK KB BUKOPIN SYARIAH SEBELUM DAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN MENGGUNAKAN METODE DU PONT SYSTEM. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Hasnah Maftukhotul Mufidah_Analisis Kinerja Keuangan PT. Bank KB Bukopin Syariah Sebelum Dan Selama Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Metode Du Pont System.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 menjadi badai besar bagi perekonomian Indonesia karena menyebabkan resesi parah yang melumpuhkan sektor riil, salah satu yang terkena dampak negatif dari pandemi ini ialah kinerja perusahaan di sektor keuangan. Kinerja intermediasi perbankan tertekan -2,4% (YoY) pada 2020, akibat melambatnya aktivitas industri perbankan dan korporasi besar yang belum beroperasi secara optimal. Penilaian kinerja perusahaan dapat ditentukan dengan variabel keuangan dan non keuangan. Penelitian ini hanya terfokus pada analisis Du Pont System dan hanya mengkaji kinerja keuangan bank dengan tiga variabel yaitu NPM, TATO, dan ROI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan serta perbandingan tingkat Du Pont System pada PT. Bank KB Bukopin Syariah periode 2019–2020 yang merupakan masa sebelum dan selama pandemi Covid-19. Menggunakan metode deskriptif dengan pendeketan kuantitatif karena data yang digunakan ialah data sekunder dari laporan keuangan tahunan. Populasi penelitian ini ialah seluruh laporan keuangan yang telah dipubliksi, dengan sampel laporan keuangan periode 2019-2020, serta teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perbandingan kinerja keuangan PT. Bank KB Bukopin Syariah sebelum dan selama pandemi Covid-19 periode 2019-2020 dengan menggunakan metode Du Pont System mengalami penurunan pada laba bersih yang diperoleh, akan tetapi nilai ROI yang dihasilkan tidak terdapat perbedaan. Berdasarkan hasil data, baik sebelum dan selama masa pandemi Covid-19 melalui perhitungan ROI mengungkapkan bahwa, kinerja keuangan bank tergolong kurang sehat karena masih berada dibawah rata-rata standar SE BI NO. 924/DPbs/2007.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Du Pont System, Net Profit Margin (NPM), Total Assets Turnover (TATO), Retrun On Invesment (ROI).
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Hasnah Maftukhotul Mufidah sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:41
Last Modified: 22 Feb 2022 06:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13073

Actions (login required)

View Item View Item