PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU 08 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA

Triani, Indah (2022) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU 08 PANICAN KECAMATAN KEMANGKON KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Indah Triani_Penerapan Strategi Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII di MTs Ma'arif NU 08 Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar, sehingga mereka dapat mencapai tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. MTs Ma’arif NU 08 Panican merupakan salah satu pendidikan formal yang mengajarkan bahasa Arab, dan madrasah tersebut merupakan salah satu sekolah yang telah menjadi mitra USAID. Dengan demikian perlu dilakukan penelitian tentang bagaimana penerapan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah kepala madrasah, guru bahasa Arab, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab sudah tepat. Strategi-strategi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab diantaranya adalah index card match, metode audiolingual, metode langsung, strategi card short, strategi teks acak, group resume, dan formasi tempat duduk siswa. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan strategi Active Learning dalam pembelajaran bahasa Arab adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, sikap profesional guru yang selalu berusaha mengaktifkan siswa dalam belajar, suasana segar dan gembira dalam proses pembelajaran, dan adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan menyampaikan pendapatnya dan latar belakang siswa yang berbeda satu sama lain. Kata Kunci: strategi Active Learning, bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Active Learning dan Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Indah Triani sdri
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:18
Last Modified: 24 Feb 2022 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13062

Actions (login required)

View Item View Item