PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT SISWA MTS NEGERI 3 BANYUMAS

Firda Salmaisya, Hilma (2022) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIMICRY MEMORIZATION TERHADAP PENGUASAAN MUFRADAT SISWA MTS NEGERI 3 BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Firda Salmaisya Hilma_Pengaruh Penggunaan Metode Mimicry Memorization Terhadap Penguasaan Mufradat Siswa MTsN 3 Banyumas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode Mimicry Memorization Bahasa Arab untuk penguasaan mufradat di MTs Negeri 3 Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen one grup time series design dengan hanya menggunakan satu kelas, yaitu kelas eksperimen tanpa kelas control. Populasia pada penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Negeri 3 Banyumas kelas VIII tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel yang digunakan yaitu Nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh dikarenakan populasi yang dijadikan objek penelitian kurang dari 30. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes berupa soal pilihan ganda, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas empiris dan uji realibilitas. Metode pengambilan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan pre test dan post test sebanyak 3 kali pertemuan dengan 3 tema yang berbeda. Tema kosakata yang diiujikan dalam penelitian ini meliputi tema olahraga, tema hobi, dan tema keseharian di sekolah yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas isi kepada dosen ahli Bahasa Arab. Hal ini dilakukan supaya dapat mengetahui ada tidaknya perbedaan penguasaan mufradat dari sebelum dan sesudah perlakuan. Adapun teknik analisis data penelitian ini yaitu menggunakan uji T-test pada software SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai dengan t hitung sejumlah -8272, tema hobi dengan t hitung -14,592, dan tema olahraga dengan t hitung -13,949 yang secara keseluruhan masing-masing t hitung < t tabel (1,714) dan nilai sig (0,00) < 0,05. Dengan hasil hitung ini dapat diputuskan bahwa Ho ditolak sehingga Ha dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mimicry memorization berpengaruh dalam peningkatan pengusaan mufradat siswa MTs Negeri 3 Banyumas. Kata Kunci : pengaruh, metode mimicry-memorization, mufradat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, metode mimicry-memorization, mufradat
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.72 Tata Bahasa Arab > 492.727 Pendidikan Tata Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Firda Salmaisya Hilma sdri
Date Deposited: 22 Feb 2022 04:28
Last Modified: 22 Feb 2022 04:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13050

Actions (login required)

View Item View Item