IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ASINKRON (ASYNCHRONOUS LEARNING) PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Annisa Auwla, Rahma (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN ASINKRON (ASYNCHRONOUS LEARNING) PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisa Auwla Rahma_Implementasi Metode Pembelajaran Asinkron (Asynnchronous Learning) pada Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 di MI Istiqomah Sambas Purbalingga (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kondisi terkini yaitu pandemi Covid-19 yang menjadi permasalahan bagi pelaku pendidikan. Berkenaan dengan hal tersebut MI Istiqomah Sambas berupaya menerapkan pengembangan agar pembelajaran tetap berjalan secara maksimal yakni dengan cara menerapkan metode asynchronous learning. Asynchronous learning merupakan teknik mengajar yang dipusatkan pada peserta didik yang mana media secara online digunakan untuk mengaktifkan berbagai informasi antarorang dalam jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan teknik pembelajaran asinkron dalam pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian bersifat deskriptif kualitatif meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan subjek penelitian meliputi koordinator paralel kelas 3 dan guru pelaksana. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode asynchronous learning diterapkan dengan prinsip-prinsip yang ada yaitu pembelajaran individu, terstruktur dan sistematis, mengutamakan keaktifan siswa, dan keterhubungan . Ragam dari metode asynchronous learning ada 3 yaitu, pembelajaran berbasis video yaitu pembelajaran yang disajikan dengan visualisasi dalam bentuk video, metode pembelajaran berbasis power point yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan metode presentasi yang dibuat dari aplikasi micrososft power point, metode pembelajaran berbasis gamifikasi yaitu proses pembelajaran yang menggunakan unsur-unsur dalam video game atau permainan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Asynchronous Learning, Pembelajaran Daring
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Annisa Auwla Rahma sdr
Date Deposited: 26 Feb 2022 02:53
Last Modified: 26 Feb 2022 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13044

Actions (login required)

View Item View Item