PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BUS ANGKUTAN UMUM DITENGAH ADANYA BUS RAPID TRANSIT (BRT) (STUDI KASUS: PO GINANJAR RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG)

Riski, Nur Itsnaeni (2022) PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BUS ANGKUTAN UMUM DITENGAH ADANYA BUS RAPID TRANSIT (BRT) (STUDI KASUS: PO GINANJAR RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RISKI NUR ITSNAENI_PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN BUS ANGKUTAN UMUM DI TENGAH ADANYA BUS RAPID TRANSIT (BRT) (Studi Kasus PO Ginanjar Randudongkal Kabupaten Pemalang).pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri

Abstract

Kualitas pelayanan yang rendah akan mengakibatkan ketidakpuasan pada pelanggan dan pelanggan itu akan mempengaruhi pelanggan lain untuk tidak menggunakan jasa transportasi itu. Setiap bisnis yang menawarkan jasa atau layanan (every business is a service business). PO Ginanjar mengalami penurunan omset yang cukup besar setelah adanya Bus Rapid Transit (BRT) dari 2018 sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan bus angkutan umum ditengah adanya Bus Rapid Transit (BRT). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau medan terjadinya gejala. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis data yang bersifat kualitatif dan digambarkan dengan kata-kata atau kalimat dipisah-pisah menurut kategorinya untuk memperoleh kesimpulan. Menggunakan metode triangulasi adalah metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif untuk memeriksa dan menetapkan validitas dengan menganalisa dari berbagai perspektif. Peneliti menggunakan triangulasi metode yaitu dilakukan dengan cara membandingkan informasi atau data dengan cara berbeda dan menggunakan triangulasi teori yaitu hasil peniliti atau informasi tersebut selanjutnya dibandingkan dengan perspektif teori yang relevan untuk menghindari bias. hasil penelitian menunjukan bahwa PO Ginanjar mengalami peningkatan dalam memberikan kepuasan pada pelanggan dengan memberikan fasilitas yang terbaik. Selain itu karyawan yaitu supir dan kernet memiliki kemampuan mengetahui mesin rusak, berani bertanggung jawab untuk para penumpang, jam operasi bus ginanjar sudah jelas jadi memudahkan penumpang untuk mencari dan menemukan bus ginanjar. Kemudian juga jika tertinggal bus sebelumnya ada bus selanjutnya yang berjarak 15 menit, jadi penumpang untuk menghindari keterlambatan harus menunggu bus lebih awal agar tidak tertinggal bus sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Sebelum ada BRT bus PO Ginanjar kurang memperhatikan kriteria kualitas pelayanan tapi setelah adanya BRT mereka lebih meningkatkan kualitas pelayanan tersebut walaupun sedikit demi sedikit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Bus PO Ginanjar
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Riski Nur Itsnaeni
Date Deposited: 22 Feb 2022 02:35
Last Modified: 22 Feb 2022 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item