PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE (STUDI EMIRIS PADA FORUM JUAL BELI)

ARIN, WIDIANTI (2022) PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE (STUDI EMIRIS PADA FORUM JUAL BELI). Skripsi thesis, UIN Prof. Syaifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ARIN WIDIANTI_PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, DAN INTENSITAS PENGGUNAAN FACEBOOK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN SECARA ONLINE (STUDI EMPIRIS PADA FORUM JUAL BELI).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), minat beli merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengkonsumsi dan kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan. Perilaku konsumen dalam hal minat beli dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor kualitas pelayanan, kejujuran, kepercayaan pembeli, harga, merk, sosial, pribadi, psikologis dan lain sebagainya. Variabel yang diambil dalam penelitian ini adalah kepercayaan, persepsi risiko, dan intensitas penggunaan facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Risiko, dan Intensitas Penggunaan Facebook terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online (Studi Empiris pada Forum Jual Beli). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model survey research yang bertujuan untuk meneliti perilaku suatu individu atau kelompok. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif facebook yang tergabung dalam situs forum jual beli. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling. Analisis data dilakukan melalui analisis regresi linear berganda dengan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, persepsi risiko berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai signifikan 0,027 < 0,05, dan intensitas penggunaan facebok tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai sigmifikan 0,903 > 0,05. Sedangkan kepercayaan, persepsi risiko, dan intensitas penggunaan facebook secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen secara online pada situs forum jual beli dengan signifikan sebebesar ,000 < 0,05, dengan koefisien determinan sebesar 43,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Persepsi Risiko, Intensitas, dan Minat Beli
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arin Widianti sdri
Date Deposited: 21 Feb 2022 08:12
Last Modified: 21 Feb 2022 08:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13011

Actions (login required)

View Item View Item