PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP MA’ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

Agung, Pratikno (2022) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS VII SMP MA’ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Agung Pratikno_Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII SMP Ma'arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumas.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep matematika adalah kemampuan kongnitif yang dianggap paling penting untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah dalam matematika. Selanjutnya, pemahaman konsep merupakan kemampuan mendasar dalam belajar matematika, jika siswa memahami suatu konsep maka dapat dipastikan siswa tersebut dapat meneyelesaikan berbagai masalah matematika yang ada. Pentingnya pemahaman konsep harus didukung juga dengan kemampuan siswa dalam menerima materi. Tak hanya menerima materi dari guru di sekolah tetapi siswa harus memiliki kemampuan Self Regulated Learning (SLR) atau kemandirian belajar siswa, karena dengan belajar mandiri siswa akan lebih siap dalam menerima materi. Kemampuan SLR inilah yang dimungkinkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Ma’arif NU1 Cilongok Kabupaten Banyumas yang berjumlah 153 siswa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 111 siswa dengan menggunakan simple random sampling metode slovin. Data yang digunakan berupa hasil jawaban angket SLR dan hasil jawaban tes pemahaman konsep. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menujukkan terdapat pengaruh self regulated learning terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Ma’arif NU 1 Cilongok, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu 0,424 atau 42,4% dan dibuktikan dengan nilai signifikansi = 0,00 < 0,05. Besar pengaruh self regulated learning terhadap pemahaman konsep adalah sebesar 42,4%. Kata kunci : Pemahaman, Konsep, Matematis, SLR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman, Konsep, Matematis, SLR.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Agung Pratikno sdr
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:29
Last Modified: 21 Feb 2022 07:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12986

Actions (login required)

View Item View Item