MANAJEMEN KESISWAAN SEKOLAH DASAR INKLUSI (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN)

DHIKA NATA, INDRAWAN (2022) MANAJEMEN KESISWAAN SEKOLAH DASAR INKLUSI (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DHIKA NATA INDRAWAN_MANAJEMEN KESISWAAN SEKOLAH DASAR INKLUSI (STUDI KASUS DI SD NEGERI 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manajemen kesiswaan di sekolah inklusi merupakan suatu pengaturan terhadap semua peserta didik tanpa diskriminatif dan humanis dalam suatu lembaga pendidikan yang menerapkan pendidikan inklusif, dimulai sejak peserta didik memasuki sampai dengan meninggalkan lembaga pendidikan dikarenakan lulus atau tamat dalam menempuh pendidikannya. SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan yang merupakan sekolah dasar yang menerapkan pendidikan inklusif, maka terdapat peserta didik yang berkebutuhan khusus, sehingga diperlukan manajemen kesiswaan yang sedikit berbeda dari sekolah pada umumnya. Kegiatan manajemen kesiswaan yang dilakukan di SD Negeri 1 Tanjung meliputi perencanaan peserta didik, pembinaan peserta didik, evaluasi peserta didik, dan mutasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan kegiatan manajemen kesiswaan di SD Negeri 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator inklusi, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Adapun objek penelitian ini adalah manajemen kesiswaan sekolah dasar inklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan manajemen kesiswaan di SD Negeri 1 Tanjung sebagai berikut: pertama, perencanaan peserta didik yang dilakukan sesuai dengan Petunjuk Teknis PPDB dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, meliputi analisis kebutuhan peserta didik, rekruitmen peserta didik, seleksi peserta didik, orientasi peserta didik, penempatan peserta didik, pencatatan dan pelaporan peserta didik. Kedua, pembinaan peserta didik yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berupa kegiatan kurikuler, ekstrakurikuler, dan layanan khusus, seperti layanan bimbingan konseling, perpustakaan, dan kesehatan. Ketiga, evaluasi peserta didik yang dilakukan berupa penilaian yang berdasarkan pada penilaian dalam kurikulum yang digunakan meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Keempat, mutasi peserta didik yang dilakukan berupa kenaikan kelas berdasarkan hasil evaluasi peserta didik dan perpindahan peserta didik dari luar sekolah, dengan persyaratan berupa rekomendasi dari kepala sekolah dan untuk peserta didik berkebutuhan khusus diharuskan melampirkan hasil assessment dari psikolog. Kata Kunci: Manajemen, Kesiswaan, Manajemen Kesiswaan, Sekolah Inklusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kesiswaan, Manajemen Kesiswaan, Sekolah Inklusi
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: DHIKA NATA INDRAWAN sdr
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:18
Last Modified: 21 Feb 2022 03:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12983

Actions (login required)

View Item View Item