HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MA'ARIF NU 4 BANGBAYANG BANTARKAWUNG BREBES

Arif Sulaeman, 072334011 (2011) HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP MA'ARIF NU 4 BANGBAYANG BANTARKAWUNG BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Arif Sulaeman_HUBUNGAN ANTARA BIMBINGAN PRIBADI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hubungan antara Bimbingan pribadi dengan Prestasi belajar pendidikan agama islam siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009 / 2010. Program studi Pendidikan Agama Islam jurusan tarbiyah Sekolah tinggi agama Islam Negeri Purwokerto 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) bagaimanakah bimbingan pribadi dalam bimbingan konseling di SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009/2010 ( X ); 2) bagaimanakah Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 ( Y ); 3) Adakah Hubungan antara bimbingan pribadi dalam bimbingan konseling di SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang ( X ) Dengan Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009/2010 ( Y ). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data Y. Instrumen kuesioner sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelian dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis menunjukkan bahawa : terdapat hubungan positif dan siginifikan antara bimbingan pribadi dalam bimbingan konseling dengan prestasi belajar pendidikan agama islam di SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009/2010. Metodologi penelitian ditunjukkan oleh koefisie korelasi rxy = 0.612, pada taraf signifikansi @ = 0,01 dan koefisien determinasi r2yl = 0.374. Hubungan antara bimbingan pribadi dalam bimbingan konseling siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 dengan Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang ( X ) terhadap Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan nilai pengujian r objektif sebesar 0,612. ini artinya dengan responden (N) : 40, hasil pengujiannya menunjukkan lebih besar dari 0,312 dalam taraf signifikansi 5 % dan lebih besar dari 0, 403 dalam signifikansi 1 % . Dengan demikian hipotesis tentang adanya hubungan antara variabel X ( Bimbinan pribadi siswa SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang Tahun Pelajaran 2009 / 2010 ) dengan variabel Y (Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Ma’arif NU 4 Bangbayang ) adalah terbukti. Adapun dari hasil pengujian dapat dinyatakan sekitar 37.4 % dari varian y dipengaruhi oleh x. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para mahasiswa dan masukan bagi para pengajar terutama dalam memberi motivasi kepada siswa agar senantiasa meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3304 Bimbingan dan Penyuluhan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 06 Oct 2016 02:42
Last Modified: 06 Oct 2016 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1298

Actions (login required)

View Item View Item