Sirly, Romadon (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS PADA MATERI BANGUN RUANG DI SMA NEGERI 3 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
SIRLY ROMADON_Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills pada Materi Bangun Ruang di SMA Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas.pdf Download (34MB) | Preview |
Abstract
Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah proses berpikir yang mengharuskan siswa untuk memanipulasi informasi yang ada dan ide-ide dengan cara tertentu yang memberikan mereka pengertian dan implikasi baru. Misalnya, ketika siswa menggabungkan fakta dan ide dalam proses mensintesis, melakukan generalisasi, menjelaskan, melakukan hipotesis dan analisis, hingga siswa sampai pada suatu kesimpulan. Selain itu juga sebagian siswa banyak yang menganggap bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit sehingga mereka tidak antusias pada saat pembelajaran yang menyebabkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dalam mengerjakan soal. Oleh karena itu, peneliti tertarik menganalisis kesalahan siswa dalam dalam mengerjakan soal HOTS pada materi Bangun Ruang di SMA Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA Negeri 3 Purwokerto. Subjek utama dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII MIPA 3 atau kelas laju cepat yang masing-masing merupakan perwakilan siswa yang memiliki kemampuan berbeda dikelasnya yaitu kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik subjek jenuh yang mana didapatkan sampai informasinya jenuh.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes soal HOTS dan wawancara kepada subyek penelitian untuk masing-masing kemampuan. Hasil penelitian tentang Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills pada Materi Bangun Ruang di SMA Negeri 3 Purwokerto Kabupaten Banyumas yaitu terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan siswa saat mengerjakan soal diantaranya kesalahan dalam kemampuan menganalisis dan kesalahan dalam kemampuan mencipta.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Higher Order Thinking Skills, Kesalahan, Bangun Ruang |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Sirly Romadon sdri |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 02:58 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 02:58 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12972 |
Actions (login required)
View Item |