STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO

Ainun Wahyuni, Al Mukaromah (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH KARANGLO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ainun Wahyuni Al Mukaromah Srategi Pembelajaran Aktif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Bagi siswa kelas V di MI Muhammadiyah Karanglo.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran aktif apa saja yang digunakan oleh guru bahasa Arab di MI Muhammadiyah Karanglo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang penerapan strategi pembelajaran aktif learning dalam pembelajaran bahasa Arab bagi guru bahasa Arab dan peneliti. Selain itu penelitian ini juga diharapkan bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran aktif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan yang dimana dalam penelitian ini peneliti terjun langsung ke lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun data yang diperoleh oleh peneliti didapatkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Observasi dilakukan di kelas V. Wawancara dilakukan kepada 3 narasumber yaitu guru mata pelajaran, kepala sekolah dan siswa. metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai kondisi yang ada di sekolah. Analisis data yang digunakan adalah analisis Miles and Hubermen yakni reduksi dan pengambilan data serta penarikan kesimpulan. Selain itu dalam penelitian ini juga digunakan teknik triagulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pembelajaran bahasa Arab guru menggunakan strategi pembelajaran aktif diantaranya yaitu strategi membaca keras- keras, menggubah lagu, pemberian peran dan praktik pasangan berulangan. Adapun langkah – langkah yang digunakan dikembangkan kembali oleh guru tergantung situasi dan kondisi siswa. Sebelum pembelajaran dimulai guru selalu mempersiapkan terlebih dahulu materi yang akan diajarakan menterjemahkannya kedalam bahasa indonesia. Apabila strategi yang ingin digunakan adalah menggubah lagu maka guru akan membuat lagunya pada malam hari serta mencocokkannya dengan nada lagu tersebut.Saat menggunakan strategi ini siswa merasa terbantu karena siswa merasa mudah dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga siswa merasa bahwa bahasa Arab merupakan pelajaran yang menyenangkan. Dalam langkah evaluasi guru menekankan pada pemahaman siswa terhadap materi, kemampuan siswa menterjemahkan dari bahasa Arab menjadi bahasa Indonesia dan kemampuan siswa dalam membaca bahasa Arab. Hambatan yang guru rasakan selama penerapan strategi pembelajaran aktif adalah masih terdapat siswa yang belum lancar membaca, terdapat satu siswa yang berkebutuhan khusus. Kata Kunci : Strategi pembelajaran aktif, pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, pembelajaran Bahasa Arab, Bahasa Arab
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ainun Wahyuni Al Mukaromah sdri
Date Deposited: 19 Feb 2022 07:47
Last Modified: 19 Feb 2022 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12939

Actions (login required)

View Item View Item