MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA MA'ARIF KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA

Annisa, Rizkiana (2022) MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA MA'ARIF KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Annisa Rizkiana_Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMA Ma'arif Karanganyar Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam dunia pendidikan dapat diukur dari berbagai aspek. Mulai dari kualitas murid, pendidik, suasana lingkungan sekolah sampai sistem administrasi sekolah. Akan tetapi, faktor utama yang paling mempengaruhi dinamika pendidikan di sekolah adalah pemimpin yang bertanggung jawab atas berjalannya miliu pendidikan, dalam hal ini adalah kepala sekolah. Untuk menjalankan tugasnya sebagai seorang manajer dalam meningkatkan profesionalisme guru, maka seorang kepala sekolah harus memiliki kemampuan dan pemahaman tentang manajemen kepala sekolah dengan baik. Selain itu guru juga diharapkan tidak hanya mentransfer ilmu saja namun mampu memberikan kinerja secara maksimal disertai dengan dorongan motivasi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dan langkah-langkah manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. adapun jenis penelitian in berupa penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus dengan mengambil sumber data pada kepala sekolah dan guru melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah di SMA Ma’aarif Karanganyar terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengorganisasian. kepala sekolah sebagai manajer berperan sebagai educator, manajer, supervisor, motivator, dan innovator. langkah-langkah manajemen yang dilakukan kepala sekolah adalah melaksanakan supervisi, memberikan reward, memotivasi dan mendorong melanjutkan pendidikan. Faktor pendukung manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dapat disebabkan dari terpenuhinya tenaga pengajar, kedisiplinan, motivasi, dan lingkungan yang kondusif . adapun faktor penghambatnya adalah sedikitnya guru honorer yang sertifikasi, manajemen waktu guru dan staf serta kurangnya pemahaman terhadap teknologi informasi. penelitian ini berimplikasi pada perlunya perhatian pimpinan pada bawahannya melalui pengembangan profesionalisme guru. Kata Kunci : Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalime Guru. Success in education can be measurable from many aspects. From student’s quality, teacher’s quality, school environment atmosphere, even the schools administration management. However, the main factor to run the education environment well is a leader who takes a responsible to the education activity that held by institution, in this case that leader called the principal. To runn his duty as managers in improving the professionalsm of teacher, the headmaster must have capability and understanding about principal management well. In addition, teachers are also expected not only to transfer knowledge but also to provide the maximum performance, they must be driven by high motivation. This study aims to describe and assess more deeply how to principal’s leadership and principal management steps and the supporting in improving the professionalism of teacher. As for this type of research is qualitative research with a case study design by taking data sources on school principal’s and teachers through data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The data were analyzed in the form of data reduction, data presentation, and drawing conclusion. The result of study show that management of the principal at SMA Ma’arif Karanganyar consists of planning, implementing, supervising, and organizing. The principal as a manager acts as an educator, manajer, supervisor, motivator, and innovator. management steps taken by the principal are carrying out supervision, providing rewards, motivating and encouraging continuing education. Factors supporting principal management in improving the professionalism of teacher performance can be caused by the fulfillment of teaching staff, discipline, motivation, and a conducive environment. The inhibiting factors are the lack of certified honorary teachers, time management of teachers and staff and the lack of understanding of information technology. This research has implications for the need for leadership attention to their subordinates through the development of teacher professionalism Keywoard : Principal Managemet, The professionalism of Teacher

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Annisa Rizkiana
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:53
Last Modified: 18 Feb 2022 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12873

Actions (login required)

View Item View Item