PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK DI KB MUTIARA BANGSA WANATIRTA KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES

Febria, Laeli (2022) PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK DI KB MUTIARA BANGSA WANATIRTA KECAMATAN PAGUYANGAN KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FEBRIA NUR FITRI LAELI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PEMBIASAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA ANAK DI KB MUTIARA BANGSA WANATIRTA PAGUYANGAN BREBES FEBRIA NUR FITRI LAELI NIM. 1717406021 ABSTRAK Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan tentang pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini melalui pembiasan perilaku hidup bersih dan sehat di KB Mutiara Bangsa Wanatirta Paguyangan Brebes di kelas B2. Mulai dari guru melakukan perencanaan pembelajaran, penyusunan program semester, pengembangan rencana kegitan mingguan, pengembangan kegiatan harian. Guru melaksanakan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, guru melakukan evaluasi setiap pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian lapangan(Field research) yang dilakukan secara kualitatif deskriptif, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penentuan subjek menggunakan teknik (Purposive Sampling)dimana Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah guru. Objek yang dikaji adalah bagaimana proses atau kegiatan yang dilakukan guru dalam melaksanakan bagaimana pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak di KB Mutiara Bangsa. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan deskripsi tentang pembiasaan PHBS pada anak di KB Mutiara Bangsa Wanatirta Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes sudah berjalan dengan baik. Dilakukan dengan bertujuan pembiasaan rutin, spontan, keteladanan. Pelaksanaan pembiasaan PHBS yang dilakukan di KB Mutiara Bangsa Wanatirta yaitu pembiasaan mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, makanan dan minuman sehat, toilet traning, berpakaian rapi dan bersih. Adapun bentuk pembiasaan PHBS dilakukan anak dengan cara membiasakan untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun, memilih makanan dan minum yang sehat, anak dapat buang air besar dan kecil serta menggunakan pakaian yang bersih dan rapi. Hal ini dapat terlihat dari rutinitas mencuci tangan yang dilakukan oleh anak-anak sebelum dan sesudah makan atau kegiatan yang bisa dilakukan sendiri, anak juga sudah bisa membuang sampah pada tempatnya, anak dapat buang air besar dan kecil dengan mandiri, serta berpakaian rapi dan bersih. Kata Kunci : Pembiasaan Perilaku, Hidup Bersih dan Sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Perilaku, Hidup Bersih dan Sehat.
Subjects: 000 Generalities > 002 The book
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Febria Nur Fitri Laeli sdri
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:57
Last Modified: 18 Feb 2022 06:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12872

Actions (login required)

View Item View Item