IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 02 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA

Dwi Oktaviani, Mufidah (2022) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS IV DI MI MA’ARIF NU 02 TAMANSARI KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Dwi Oktaviani Mufidah_ 1717405139.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Jawa merupakan salah satu alternatif proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas IV di MI Ma’arif NU 02 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian kepala sekolah, guru kelas IV, siswa kelas IV serta orang tua siswa kelas IV dan obyek penelitiannya yaitu implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa jawa kelas IV di MI Ma’arif NU 02 Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dalam menganalisis data menggunakan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas IV di MI Ma’arif NU 02 Tamansari menggunakan Whatsapp Group sebagai media utama pembelajaran telah dilaksanakan melalui 3 tahap, yaitu tahap perencanaan dengan pembuatan RPP, menyiapkan materi dan media yang akan disampaikan. Tahap kedua, yaitu tahap pelaksanaan pembelajaran daring dengan siswa membaca materi, mendengarkan keterangan, mengamati dan mengerjakan soal evaluasi, terkadang melalui lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah ataupun dengan mengirimkan foto hasil pekerjaan melalui chat pribadi kepada guru. Tahap ketiga yaitu evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan mengutamakan penilaian kognitif siswa melalui soal-soal yang berkaitan dengan materi, baik secara tertulis, lisan dan praktik untuk mengetahui seberapa jauh siswa mampu menangkap materi yang disampaikan oleh guru. 2) Faktor pendukung pembelajaran yaitu adanya kerjasama yang terjalin antara guru dengan orang tua dalam mengontrol perkembangan belajar siswa dan mengefektifkan komunikasi guru dan siswa, fasilitas wifi sekolah dan pemberian subsidi kuota pada siswa dan guru. 3) Faktor penghambat dari proses pembelajaran daring ini yaitu koneksi jaringan internet, minat siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, berdasarkan pengamatan peneliti sebagian siswa terkadang mengalami kejenuhan dan kebosanan selama belajar daring, serta guru tidak bisa berinteraksi dan memantau proses secara langsung sehingga guru tidak dapat mengetahui perkembangan siswa secara nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Jawa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Oktaviani Mufidah
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:45
Last Modified: 18 Feb 2022 06:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12866

Actions (login required)

View Item View Item