PENGARUH LABELISASI HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK MIE SAMYANG (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO)

Ernawati, Ernawati (2022) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK MIE SAMYANG (STUDI KASUS MAHASISWA UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PDF dapat di download di aplikasi perpustakaan UIN SAIZU di perpustakaan.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Banyak faktor yang dapat mempengruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk, yaitu labelisasi halal dan promosi. Oleh karena itu, para pengusaha dituntut untuk memahami perilaku para konsumen dalam pembelian, terutamanya di Indonesia yang masyarakatnya adalah mayoritas konsumen muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh labelisasi halal, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Mie Samyang. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan 100 data primer yang didapat dari kuesioner. Analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman, koefisien konkordinasi kendal w dan analisis regresi ordinal menggunakan alat bantu program komputer IBM SPSS. Berdasarkan analisis korelasi rank spearman dapat disimpulkan bahwa labelisasi halal, dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan didapatkan hasil koefisien korelasi variabel labelisasi halal dengan keputusan pembelian sebesar 0,838 dan koefisien korelasi variabel promosi dengan keputusan pembelian sebesar 0,848. Sedangkan hasil korelasi konkordansi kendal w sebesar 0,430 menunjukan adanya hubungan secara simultan antara labelisasi halal dan promosi terhadap keputusan pembelian dengan arah positif. Pengujian regresi ordinal pada tabel model Fitting Information menunjukan bahwa kedua variabel independen yaitu labelisasi halal dan promosi secara signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mie Samyang pada mahasiswa UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Kata kunci: Labelisasi Halal, Promosi, Keputusan Pembelian, Rank Spearman, Konkordansi Kendal W, Regresi Ordinal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Promosi, Keputusan Pembelian, Rank Spearman, Konkordansi Kendal W, Regresi Ordinal
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 339 Macroeconomics and related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ernawati Ernawati sdri
Date Deposited: 18 Feb 2022 07:21
Last Modified: 18 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12830

Actions (login required)

View Item View Item