PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, LITERASI DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (Stusi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Program Studi Perbankan Syariah)

Fadilla, Fatkhul Janah (2022) PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, LITERASI DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (Stusi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Program Studi Perbankan Syariah). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Puurwokerto.

[img]
Preview
Text
FADILLA FATKHUL JANAH_PENGARUH TINGKAT RELIGIUSITAS, LITERASI DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENABUNG MAHASISWA DI PERBANKAN SYARIAH (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Program Studi PS).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank syariah yaitu bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Pangsa pasar bank syariah masih tergolong rendah. Oleh sebab itu perlu peran aktif seluruh elemen, salah satunya yaitu akademisi perbankan syariah. Adapun penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh religiusitas, literasi perbankan syariah, dan persepsi terhadap minat menabung mahasiswa di perbankan syariah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto, sampel yang digunakan adalah yaitu sebanyak 89 responden. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan menggunakan alat bantu SPSS 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Religiusitas berpengaruh terhadap minat menabung di perbankan syariah. (2) Tingkat literasi perbankan syariah tidak berpengaruh terhadap minat menabung di perbankan syariah. (3) Tingkat persepsi berpengaruh terhadap minat menabung di perbankan syariah. (4) Religiusitas (X1), literasi (X2), dan persepsi (X3) berpengaruh secara simultan terhadap minat menabung (Y) di perbankan syariah. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang maka akan semakin tinggi pula minat menabung seseorang, kemudian tidak melulu orang yang memiliki literasi terkait perbankan syariah akan minat untuk menbung di perbankan syariah dan semakin bagus persepsi seseorang terhadap perbankan syariah maka akan semakin tinggi minat menabung seseorang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Syariah, Minat Menabung, Religiusitas, Literasi, Persepsi.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: fadilla fatkhul janah sdri
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:38
Last Modified: 17 Feb 2022 06:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12812

Actions (login required)

View Item View Item