Pembelajaran Online Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2020 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

Doni Darmawan, Hidayat (2022) Pembelajaran Online Mahasiswa Prodi PAI Angkatan 2020 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi Final Doni Darmawan Hidayat 1717402010.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran daring menjadi sebuah hal baru yang dirasakan oleh semua pelaku Pendidikan. Pembelajaran daring ini dimulai ketika terjadinya pandemi Virus Corona yang menyebar di seluruh dunia. Pendidik dan Peserta Didik melakukan setiap proses kegiatan belajar mengajar dengan bantuan jaringan internet. Pembelajaran tatap muka berganti dengan pembelajaran daring atau Online. Sebagai mahasiswa, mahasiswa dituntut untuk mampu mengikuti arus perkembangan zaman dan teknologi khususnya dalam bidang Pendidikan, yang mewajibkan seorang mahasiswa untuk mampu menguasai alat dan media pembelajaran bersama pendidik menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Proses pembelajaran daring perlu diperhatikan, karena kualitas sebuah kegiatan pembelajaran tergantung pada beberapa faktor, yang salah satunya bagaimana efektivitas pada sebuah media pembelajaran. Efektivitas dalam pembelajaran daring dapat tercipta seiring dengan diikuti kemampuan literasi digital pelaku Pendidikan dan tersedianya sarana prasarana pembelajaran daring. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Penelitian ini variabel penelitian dikembangkan atau dieksplorasi melalui Teknik Deskriptif menggunakan diagram lingkaran. Pengambilan sampel dari data penelitian ini menggunakan Teknik Simple Random Sampling atau pengambilan secara acak dengan menyebarkan angket secara online, Wawancara, Observasi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis daring mahasiswa PAI Angkatan 2020 UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. Penelitian ini memberikan hasil bahwa Pembelajaran Daring atau Online sudah berjalan dengan baik, hanya saja belum berjalan baik secara optimal. Hal ini dikarenakan faktor yang menghambat dalam pembelajaran daring, salah satunya adalah faktor sarana dan prasarana yang kurang terpenuhi dan kualitas SDM yang masih rendah. Hal positif yang didapat mengenai pembelajaran daring adalah fleksibilitas. Akses pembelajaran yang mudah dilakukan dimanapun dan kapanpun sesuai dengan situasi dan kondisi. Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.383 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Doni Darmawan Hidayat sdr
Date Deposited: 17 Feb 2022 02:07
Last Modified: 17 Feb 2022 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12782

Actions (login required)

View Item View Item