Mohamad Irfangi, 072333041 (2013) Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
Muh. Irfangi_KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU 1.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) |
Abstract
Kepemimpinan yang baik tentunya sangat berdampak pada tercapai tidaknya tujuan organisasi, karena pemimpin memiliki pengaruh terhadap kinerja yang dipimpinnya. Kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai suatu tujuan merupakan bagian dari kepemimpinan. Kepemimpinan kepala madrasah merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat pentinguntuk mencapai tujuan organisasi. Hal itu bisa dilihat dari langkah-langkah kepala madrasah dalam mendorong dan memotivasi warga sekolah untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana dan bertahap. Untuk itulah penulis mengambil judul “Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2012/2013” Pertanyaan yang akan dijawab dalam persoalan ini adalah tentang: 1.) Bagaimana tentang kepemimpinan suportif kepala madrasah?; 2.) Bagaimana kepemimpinan fasilitatif kepala madrasah?; 3.) Bagaimanakah kepemimpinan partisipatif kepala madrasah? Penelittian ini termasuk dalam penelitian lapangan (Field Reseach) yaitu menyusun dan mengumpulkan data dengan cara mendatangi langsung ke objek penelitian. Untuk mendapatkan data yang jelas penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis datanya peneliti menggunakan pola berfikir induktif. Menurut Mattew B, Miles dan A. Michael Huberman analisis terdiri dari tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan tentang kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan cilongok Kabupaten Banyumas maka dapat penulis ambil kesimpulan bahwa kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah adalah kepemimpinan suportif, kepemimpinann fasilitatif dan kepemimpinan partisipatif. Dan yang ditonjolkan adalah kepemimpinan partisipatif. Secara keseluruhan kepemimpinan kepala madrasah sudah bisa dikatakan baik, karena dengan kepemimpinannya sudah banyak tujuan madrasah yang dapat tercapai. Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah Ibtidaiyah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 30 Sep 2016 09:02 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 09:02 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1278 |
Actions (login required)
View Item |