PERAN PERUSAHAAN PERTANIAN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (Study Kasus Pada PT Benih Citra Asia Cabang Cimanggu Desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap)

Farchati, Agustina (2022) PERAN PERUSAHAAN PERTANIAN DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA (Study Kasus Pada PT Benih Citra Asia Cabang Cimanggu Desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FARCHATI AGUSTINA 1717201075.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dapat ditinjau dari segi ekonomi, gambaran tersebut meliputi berkurangnya angka penggangguran. Pemberdayaan masyarakat melalui PT Benih Citra Asia merupakan salah satu program pemerintah yang sekarang telah diupayakan demi kesejahteraan masyarakat. Dalam sosial ekonomi yaitu bagaimana suatu masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran PT Benih Citra Asia dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap?. Berdasarkan tujuan penelitian ini termasuk pada penelitian dengan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diawali dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subjek dalam peneliti ini adalah masyarakat Desa Rejodadi Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap dengan populasi 300 masyarakat dan diambil sampel sejumlah 1% dari 300 masyarakat. Sedangkan teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan penelitian kepustakaan, penelitian kelapangan yaitu dengan mengumpulkan data melalui kegiatan observasi, penelitian wawancara, dokumentasi untuk mendapatkan data yang lebih jelas sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Peran PT Benih Citra Asia dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Rejodadi dinilai dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari Peran PT Benih Citra Asia dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi seperti mengurangi angka pengangguran dengan memberikan peluang kerja dan bekerjasama dengan masyarakat dalam mendistribusikan hasil panen. Bidang sosial budaya seperti Pemberian Dana Bantuan, Jumat Berkah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Farchati Agustina
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:47
Last Modified: 17 Feb 2022 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12761

Actions (login required)

View Item View Item