PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTS MA'ARIF NU 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Khom, Siyati (2022) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTS MA'ARIF NU 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khom Siyati_Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kecemasan matematika merupakan sebuah perasaan tegang atau takut yang berlebih yang dimiliki oleh siswa ketika berhadapan dengan mata pelajaran matematika, baik dalam proses pembelajaran maupun pada saat menyelesaikan persoalan matematika. Siswa yang memiliki kecemasan yang tinggi dalam pembelajaran matematika akan sulit untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran, sehingga bukan tidak mungkin bahwa kemampuan matematis yang dimilikinya juga akan menurun. Kemampuan matematis yang dimiliki siswa sangat bervariasi salah satunya adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Wangon Kabupaten Banyumas. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 300 siswa yang tersebar dari kelas VII A sampai VII I dengan sampel yang diambil sebanyak 171 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengukur kecemasan matematika dan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecemasan matematika siswa dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Wangon Kabupaten Banyumas sebesar 6.1% dengan persamaan regresinya adalah .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Pemahaman Konsep Matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Khom Siyati sdri
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:46
Last Modified: 17 Feb 2022 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item