MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM AR ROSYID PURWOKERTO TIMUR

Homsah, Widianti (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM AR ROSYID PURWOKERTO TIMUR. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HOMSAH WIDIANTI_MANAJEMEN KURIKULUM PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN DI PKBM AR ROSYID PURWOKERTO TIMUR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu unsur penting dalam manajemen pendidikan yang sering disebut sebagai jantungnya pendidikan. Kurikulum menjadi sangat vital dan menjadi penentu dalam proses pembelajaran, karena kurikulum merupakan seperangkat rencana pembelajaran yang memuat tujuan, isi, serta metode pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum program pendidikan kesetaraan di PKBM Ar Rosyid Purwokerto Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif bertempat di PKBM Ar Rosyid Purwokerto Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Objek penelitian ini adalah manajemen kurikulum program pendidikan kesetaraan di PKBM Ar Rosyid Purwokerto Timur. Adapun pengumpulan data dengan menggali informasi dari subjek penelitian yaitu Ketua PKBM, Ketua Program Pendidikan Kesetaraan, Tim Kurikulum, dan Tutor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum program pendidikan kesetaraan di PKBM Ar Rosyid Purwokerto Timur dilakukan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan kurikulum meliputi lima langkah, yaitu menyiapkan materi PDF semua mata pelajaran dari Paket A, Paket B, dan Paket C, split materi pelajaran menjadi empat termin dalam satu tahun pelajaran, menyiapkan video pendukung pembelajaran dari youtube, menyiapkan link Google Form untuk kegiatan evaluasi dan upload materi PDF serta video dan link kegiatan evaluasi tersebut ke LMS. Pelaksanaan kurikulum menggunakan metode daring berbasis website LMS (Learning Management System). Evaluasi kurikulum yang dilakukan adalah evaluasi hasil belajar dengan bentuk evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi dilaksanakan secara daring menggunakan Google Form.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum, Kesetaraan, dan PKBM Ar Rosyid
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Homsah Widianti
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:35
Last Modified: 17 Feb 2022 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12755

Actions (login required)

View Item View Item