NILAI-NILAI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @DAKWAHVISUAL.ID (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Supriyatin, Supriyatin (2022) NILAI-NILAI DAKWAH PADA AKUN INSTAGRAM @DAKWAHVISUAL.ID (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab 1_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SUPRIYATIN_Nilai-Nilai Dakwah Pada Akun Instagram @dakwahvisual.id ( Analisis Semiotika Roland Bhartes).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di era komunikasi dan informasi sekarang ini yang ditandai dengan maraknya media massa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik, para mubalig dan aktivis dakwah telah memanfaatkan media massa sebagai sarana untuk berdakwah. Dakwah tidak hanya dilakukan dengan cara lisan saja, namun dapat dilakukan dengan media tulisan seperti buku, novel, cerpen, dan komik. Penelitian ini berusaha menjawab rumusan masalah yang terdiri dari:1)Apa nila dakwah denotatif 2)Apa makna konotatif 3) Apa mkna mitos yang terkandung dalam postingan “dakwahvisual.id ” di instagram berdasarkan analisis semiotika roland barthes? Untuk mendeskripsikan persoalan ini, peneliti menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif teks media yaitu analisis semiotika model Roland Barthes. Data yang diperoleh melalui hasil dokumentasi. Hasil analisis dari penelitian ini adalah makna denotasi yang dihasilkan dalam akun “dakwahvisual.id ” adalah desainer kebanyakan menggunakan font handwriting berupa jenis huruf Sans Serif Comic Sans MS, penggunaan ilustrasi kartun sebagai penguat dan latar warna mayoritas abu-abu, ungu dan coklat. Makna konotasi dari ilustrasi dan teks secara keseluruhan diambil dari simbol atau tanda yang familiar di masyarakat. Sedangkan makna mitos kebanyakan mengangkat realitas sosial yang disertai ajakan untuk kembali mendekat kepada Allah Swt. Serta terdapat pesan dakwah yang terkandung di dalamnya, yang terdiri dari pesan aqidah (meningkatkan iman pada Allah dan iman kepada kitab Allah), akhlak (menunggu dalam taat) dan syariah (mengingat kematian dan bersedekah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Dakwah, Desain Komunikasi Visual, Sosial Media Instagram
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
300 Social sciences > 303 Social processes
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Supriyatin Supriyatin sdri
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:16
Last Modified: 16 Feb 2022 04:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item