RATE CARD PADA KERJASAMA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

MIFTAKHUL, LATY YULI ISFORO (2022) RATE CARD PADA KERJASAMA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MIFTAKHUL LATY YULI ISFORO_RATE CARD PADA KERJASAMA ENDORSEMENT DI MEDIA SOSIAL PERSPEKTIF HUKUM ISLAM.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Era digital semakin maju termasuk dalam sektor perdagangan. Transaksi dapat dilakukan secara online. Contohnya, jual beli online, sewa menyewa, dan lain sebagainya dengan memanfaatkan media, salah satunya dengan media sosial. Media sosial yang digunakan seperti Instagram, Youtube, dan lain-lain, karena masyarakat sudah banyak yang menggunakannya. Salah satu yang dapat memanfaatkan media sosial yaitu sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa dengan kerjasama endorsement. Endorsement adalah salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di media sosial dengan menggunakan seseorang untuk mempromosikan produk agar menarik minat beli konsumen. Teknisnya adalah pemilik online shop menghubungi endorser untuk menawarkan produk atau jasa yang akan di endorse kan, jika endorser menerima maka ia akan memberikan ketentuan-ketentuan terkait kerjasama termasuk mengenai rate card. Rate card adalah daftar tarif yang ditawarkan kepada pihak yang akan menggunakan jasa endorser pada kerjasama endorsement. Setiap endorser memiliki rate card yang berbeda, dari mulai puluhan ribu sampai dengan puluhan juta rupiah, dan rate card tersebut sesuai dengan jangka waktu atau pun sesuai dengan permintaan online shop dalam mempromosikan produknya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dihasilkan dari wawancara dengan pemilik online shop Caramel Hijabstyle dan pemilik online shop Ilovasac. Selain itu, hasil wawancara dengan endorser yang bernama Ratu Ayu Purnama Dewi dan Yuni Kartika. Sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah jurnal-jurnal, artikel, koran, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analsis. Endrosement merupakan bentuk muamalah yaitu sewa menyewa atau ijarah (Ijarah a’mal). Dalam Islam sewa menyewa boleh dilakukan asalkan tidak ada hal-hal yang dapat menjadikan transaksi tersebut menjadi dilarang. Dalam ijarah terdapat salah rukun yaitu ujrah (upah). Rate card termasuk ujrah (upah) karena rate card merupakan hak endorser dalam kerjasama endorsement yang sudah ditentukan olehnya dan disepakati oleh pihak yang bekerjasama dengannya. Maka, dalam hal ini rate card boleh ditentukan karena merupakan dalam rukun ijarah dan harus diberikan agar tidak ada permasalahan dan tidak saling merugikan satu sama lain. Kata Kunci: Rate Card Endorsement, Ijarah, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Rate Card Endorsement, Ijarah, Hukum Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: MIFTAKHUL YULI ISFORO sdri
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:56
Last Modified: 15 Feb 2022 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12736

Actions (login required)

View Item View Item